Kamis , 24 Agustus 2017

Tips Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Harian


Isu ekonomis dan ramah lingkungan semakin banyak dibahas dan diaplikasikan oleh berbagai produk kendaraan bermotor.

Namun selain menggunakan produk yang ramah lingkungan, perilaku para pengemudi kendaraan juga memiliki peranan penting dalam mengurangi dampak kendaraan bermotor bagi lingkungan dan juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar.

1. Kurangi kecepatan : Penghematan bahan bakar yang optimal terjadi antara kecepatan 50 - 70 km/jam. Dengan demikian, mengurangi kecepatan dan menjaga kecepatan di jalan adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi konsumsi bahan bakar.


2. Hindari mengemudi dengan agresif : Mempercepat kendaraan secara bertahap dan mengubah gigi semulus mungkin dapat menyimpan sebanyak 20% bahan bakar dan mampu mengurangi pemakaian ban. Jika diperlukan, gunakan cruise control untuk membantu mempertahankan kecepatan.

3. Periksa tekanan angin ban setiap bulan: Ketepatan tekanan pada ban merupakan hal yang penting untuk penghematan bahan bakar dan ketahanan tapak ban dan performa kendaraan. Tekan anangin yang buruk menurunkan daya tahan dari ban menurun dan cepat aus.

4. Jangan menggunakan kendaraan sebagai ruang penyimpanan: Untuk setiap muatan tambahan sebanyak 50kg yang dibawa oleh suatu kendaraan, konsumsi bahan bakar dapat meningkat menjadi sebanyak 1-2%. Singkirkan beban yang tidak perlu di dalam mobil untuk mengurangi jumlah bahan bakar yang digunakan serta pemakaian ban yang tidak diperlukan.

5. Penggunaan aksesoris berlebihan : Penggunaan aksesoris seperti velg besar dan body kit menjadi kendala saat mengemudi dalam kecepatan konstan, karena beban mobil semakin bertambah.

Semoga tips di atas dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda lebih irit untuk digunakan harian. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan sisa dana alokasi BBM untuk keperluan yang lebih mendesak. Selamat mencoba.