Sabtu , 20 Desember 2014

Tandiwijaya Sugiharto: Excellent Service is My Commitment


Memulai kariernya sebagai seorang admin di Astra International Daihatsu, Tandiwidjaja Sugiharto kini dipercaya menjadi General Manager NV MASS, salah satu dealer Mercedes-Benz ternama yang gerainya berlokasi di jantung ibu kota Jakarta. Namun, kesuksesan yang ia dapatkan itu tidak ia datang dengan mudah. Perjalanan panjang kariernya harus ia tempuh melewati beragam tantangan berat. Kegigihan dan keuletannya dalam bekerja di Astra International Daihatsu di awal kariernya membuat pimpinannya mengajukan ia agar dapat mengikuti pendidikan di Astra. Setelah menempuh pelatihan, ia kemudian diangkat menjadi staff hingga sempat menempati posisi supervisor. Prestasi gemilangnya di Astra membuat banyak perusahaan lain melirik dirinya.

Salah satu dealer Mercedes-Benz, Mercindo, pada tahun 1993 memanggilnya untuk membangun divisi komersial di sana. Baginya tawaran baru ini adalah tantangan berat, karena harus meninggalkan kariernya yang cemerlang di Astra International Daihatsu dan harus membangun divisi baru mulai dari awal di Mercindo. Namun, pria yang hobi berolahraga ini memutuskan untuk pindah ke Mercindo. Di Mercindo, Tandi dinilai berhasil mendirikan divisi komersial dan bahkan terpilih sebagai the best sales manager tahun 1995, karena telah berhasil menjual banyak kendaraan kepada sejumlah perusahaan-perusahaan karoseri dan perusahaan perjalanan wisata. Sampai-sampai salah satu kliennya, Pahala Kencana merekrutnya di tahun 2000 untuk memimpin perusahaan agen perjalanan wisata milik mereka yang ketika itu sedang dalam masa kritis. Lewat tangan dinginnya, Tandi berhasil mengubah perusahaan yang merugi tersebut menjadi perusahaan yang menguntungkan hanya dalam kurun waktu 1 tahun saja. Tandi kemudian pindah menjadi deputy director divisi trading di perusahaan karoseri New Armada. Di New Armada, Tandi berhasil menyuplai bus dan truk ke militer. Setelah itu, ia direkrut oleh dealer Mercedes-Benz Dipo Angkasa Motor. Beberapa tahun di sana, ia pindah ke Korindo sebelum akhirnya bergabung dengan NV MASS pada Januari 2013. Tandiwidjadja Sugiharto membeberkan sedikit kiat suksesnya memimpin perusahaan yang sedang dalam masa krisis menjadi perusahaan yang menguntungkan. Berikut petikan wawancara kami dengan General Manager NV MASS (PT Mass Sarana Motorama) ini.


Apa kiat Anda dalam mengubah perusahaan yang sedang mengalami masa kritis sampai akhirnya tidak lagi merugi, bahkan menguntungkan? Mulai dari pembenahan pola pikir sumber daya manusianya, berikan motivasi dan semangat positif dalam melayani pelanggan. Selain itu, citra perusahaan tidak boleh terlihat seperti sedang mengalami masa sulit. Bagaimana caranya kita mengelola paket perusahaan agar terlihat menarik di mata konsumen. Mencari permasalahan yang dihadapi oleh konsumen terhadap pelayanan perusahaan lewat media kuesioner yang diisi oleh konsumen. Membenahi kekurangan dan permasalahan itu dengan memenuhi ekspektasi pelayanan terbaik yang diinginkan oleh konsumen. Dan yang paling penting berikan sentuhan personal dengan terjun langsung berinteraksi dengan konsumen.

Pengguna Mercedes-Benz yang melakukan perawatan mobilnya di NV MASS menggunakan oli TOP 1, bagaimana menurut anda mengenai kualitas TOP 1? Mercedes-Benz bila memakai suatu produk di luar Mercedes-Benz harus mendapat sertifikasi dari Jerman, dan setelah diuji TOP 1 EVOLUTION 5W-30 sudah terbukti mendapat sertifikat rekomendasi dari prinsipal di Jerman. Sekarang, seluruh konsumen after sales kami di luar garansi memakai pelumas TOP 1 EVOLUTION 5W-30. Sampai sekarang tidak ada yang pernah mengeluh dengan performa dan kualitas pelumas TOP 1 EVOLUTION 5W-30.

Sudah berapa lama Anda dan konsumen after sales Anda memakai TOP 1 EVOLUTION 5W-30? Saya berani jamin TOP 1 EVOLUTION 5W-30 adalah pelumas yang sangat berkualitas. Saya sudah pakai lebih dari setahun dan sudah beberapa kali ganti oli sampai sekarang tidak pernah ada masalah. Begitu pun dengan pelaggan after sales kami di NV Mass. Karena TOP 1 EVOLUTION 5W-30 sudah mendapatkan sertifikat approval dari prinsipal kami Mercedes-Benz di Jerman.