Selasa , 20 September 2016

Agung Motor: Gak Ada Matinya!


Awak redaksi Berita Bengkel mewawancarai Darwin, pemilik dan pendiri Bengkel Motor UD. Agung Motor yang beralamat di Kompleks Ruko Duta Permai, Kalimalang, Bekasi. Darwin menceritakan bengkelnya berdiri pada 1998, tepat setelah krisis moneter yang memporak-porandakan ekonomi Indonesia. Meskipun sulit, bisnis otomotif tetap lah menjanjikan.

“Persaingan usaha bengkel motor sekarang tidak seganas dulu mas susahnya. Sekarang sudak banyak varian motornya. Kalau dulu, bisa dihitung jumlah varian motornya,” kata Darwin. “Bisnis bengkel akan terasa sulit jika tidak berinovasi, dan tidak mau belajar,” katanya.

Ada beberapa kunci sukses Toko UD. Agung Motor. Pertama, toko itu menyasar semua segmen pasar sepeda motor. “Intinya, apa yang pelanggan cari, kami punya,” katanya.

Kedua, standarisasi pelayanan. Pelayan toko UD. Agung Motor harus memiliki standar pelayanan yang sama. Bagaimana cara pramu niaga memulai salam, senyum hingga mempromosikan sebuah produk. Setiap pelayan toko juga memiliki spesialisasi produk sendiri. Misal, pelayanan si A, spesialisasi Yamaha N-Max, Pelayan B paham dalam produk sepeda motor lainnya. “Saya juga menekankan anger management kepada pelayan. Jadi ketika, ada pelanggan marah, kita harus bisa mengendalikan emosi diri kita,” katanya.

Lalu harga dan kualitas produk harus terjangkau dan yang terbaik. Darwin mengatakan ia selalu menjual suku cadang genuine pabrikan motor sehingga secara kualitas sudah terjamin. Kualitas mekaniknya pun patut diancungi jempol karena bisa menangani kerusakan baik sepeda motor dan mobil. “Jangan pernah mengecewakan pelanggan, menjual barang murah tetapi kualitasnya abal-abal. Kami lebih baik mengambil produk resmi,” katanya.

Terakhir, fleksibel dan inovasi. Darwin mengatakan bengkelnya sudah menjual beberapa produk otomotif melalui media marketplace online seperti Tokopedia dan Bukalapak. Meskipun, penjualan secara online tidak sebesar offline, pelanggan sudah sering berkunjung ke agungmotorstore.com. Perbandingan pelanggan antara offline dan online adalah 90 : 10. Namun, Darwin optimis tren bisnis di masa depan sudah beralih lewat online, menyusul pesatnya pertumbuhan ponsel pintar dan komputer tablet.

“Penjualan produk TOP 1 paling laris lewat online. Untuk bisnis online, kami punya 4 jurus yaitu SPSP (Service, Packaging, Speed dan Price),” katanya Darwin mengatakan produk TOP 1 yang laris adalah Octane Booster, Fork Oil, Radiator Coolant. “Semuanya sangat laris toko online kami, mas bisa cek sendiri atau bantuin beli,” katanya sambil berkelakar.

---

Bengkel Agung Motor
Komp. Duta Permai, Pertokoan Duta Permai Blok B
Jl. Raya Kyai Haji Noer Ali, Bekasi Selatan, Jawa Barat - 17145
www.agungmotorstore.com