Selasa , 18 Juli 2017

Sky Motor : Dari Reparasi Bodi Jadi Bengkel Yang Teruji


Didirikan pada 2001, Sky Motor pada awalnya adalah bengkel yang khusus mereparasi tubuh kendaraan. Namun, karena dirasa pengerjaannya yang lama dan kotor, Sky Motor lantas beralih ke bisnis bengkel. “Keuntungannya pun dirasa tidak sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan, maka kami pindah haluan,” kata Ray.

Adanya peralihan tersebut mau tak mau membuat Sky Motor harus beradaptasi. Ray sendiri mengatakan ada resiko dalam usaha bengkel ini. Hal itu karena apabila salah dalam melakukan pengerjaan perawatan, hasilnya bisa fatal. “Untungnya sejauh ini kami belum pernah mengalami,” kata Ray, bersyukur.

Menurut Ray, konsumen yang datang ke bengkelnya paling sering ganti oli, tune-up serta perawatan pada kaki-kaki mobil. Selama beroperasi, Ray sering menemukan pelanggan yang belum paham mengenai perawatan kendaraan. Oleh karena itu, para montir di Sky Motor yang berjumlah empat orang telah dibekali kemampuan untuk dapat menjelaskan mengenai permasalahan tersebut kepada konsumen. “Terutama ketika kendaraan sudah 100,000 kilometer, itu harus diberikan pengertian bahwa ada banyak perawatan yang harus dilakukan,” kata Ray.

Kemampuan komunikasi yang baik pun diberikan kepada montir agar bisa memberikan pengertian kepada pelanggan. Mengenai fasilitas, Ray selalu berusaha meningkatkan teknologi yang ada di bengkelnya. Semua itu agar pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat semakin baik.

“Sekarang lagi ditingkatkan di tune-up yang sudah didukung teknologi carbon,” kata Ray. Teknologi Carbon Clean dalam perawatan tune-up sendiri dilakukan dengan cara memasukkan cairan khusus ke dalam ruang bakar (langsung ke permukaan piston) lewat lubang busi menggunakan alat khusus. Lewat metode ini, kerak karbon yang menumpuk dapat dibersihkan sehingga kinerja mesin dapat semakin optimal.

Sebagai bengkel yang bekerja sama dengan oli TOP 1, Ray sering mendapatkan pengalaman mencengangkan. Dirinya acap kali menemukan keadaan mesin yang menggunakan oli TOP 1 yang masih terawat baik. “Beberapa waktu lalu ada mobil berjenis SUV datang, setelah dilihat, mesinnya ternyata masih bersih,” kata Ray. Produk oli yang paling laku sendiri menurut Ray adalah oli TOP 1 EVOLUTION 5W-30.

SKY MOTOR

BSD Sentra Onderdil Blok C No.1, Tangerang