Selasa , 18 Juli 2017

Napak Tilas Tunas Group, Bisnis Otomotif Terbesar di Indonesia


Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini awalnya adalah importir dan distributor mobil bekas dengan merek Fiat, Holden dan Mecedes-Benz. Kini, setelah 50 tahun berjalan, mereka tumbuh menjadi salah satu perusahaan grup otomotif terbesar di Indonesia. Perjalanan Tunas Group begitu panjang. Meski sudah ada sejak akhir 1960-an, perjalanan mereka bukan tanpa hambatan. Perjalanan panjang dilewati hingga sampai pada tahun 1974, perusahaan ini ditunjuk sebagai agen penyalur resmi merek mobil Toyota, Daihatsu, BMW, Peugeot dan Renault untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak hanya itu, Tunas Group juga memiliki hak eksklusif untuk mendistribusikan sepeda motor Honda dan mobil Daihatsu untuk wilayah Lampung dan Sumatera Selatan.

Seiring dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat, perusahaan induk bernama PT Tunas Ridean pun didirikan pada tahun 1980. Tak membutuhkan waktu yang lama, Tunas Ridean segera berusaha masuk ke bursa saham sebagai perusahaan terbuka. Keputusan itu membuahkan hasil. Terbukti pada tahun 1995 mereka melalui proses akuisisi oleh Grup Jardine Motors. Perusahaan itu merupakan distributor kendaraan bermotor yang memiliki jaringan di Asia, Inggris, Eropa dan Amerika. Sejak saat itu, perusahaan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Dengan komitmen yang kuat, Tunas Ridean berusaha untuk menjadi kelompok agen otomotif terkemuka di Indonesia dengan pelayanan yang prima terhadap konsumen. Komitmen tersebut membuat perusahaan ini mendapat kepercayaan dari masyarakat. PT Tunas Ridean juga memiliki visi dan misi yang tegas. Sebagai sebuah perusahaan besar, PT Tunas Ridean berusaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan mereka lewat visi sebagai penyedia solusi otomotif terbaik. Adapun misi perusahaan antara lain pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan, sistem operasional yang efisien dan unggul, memaksimalkan potensi karyawan serta menyinergikan antara sumber daya manusia, teknologi dan sistem.

Untuk mewujudkan tujuan menjadi penyedia solusi otomotif yang terbaik, PT Tunas Ridean Tbk membuat suatu budaya yang mereka terapkan di perusahaan mereka atau yang lebih dikenal dengan nama “Budaya Tunas”. Budaya yang diambil dari nama perusahaan itu sendiri merupakan singkatan dari Terlatih, Unggul, Niat melayani, Akurat dan Sigap. Semua komitmen yang dijalani tersebut membuahkan hasil ketika pada 2010 Grup Tunas Ridean berhasil membukukan laba bersih tertinggi sepanjang sejarah dengan keuntungan penjualan 51%.

Kebijakan pemerintah kala itu untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak membuat perusahaan khawatir akan terjadi penurunan yang signifikan. Di tahun ini pula, Tunas Grup mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008. PT Tunas Ridean memang selalu berusaha meningkatkan diri di bidang penjualan dan layanan purna jual otomotif.

Sekarang, grup ini memiliki 132 outlet yang tersebar di 28 kota di seluruh pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Jaringan Divisi Otomotif Grup Tunas Ridean pun sudah mencakup skala nasional. Jaringan yang melingkupi Tunas Toyota, Tunas Daihatsu, Tunas Isuzu, Tunas BMW,Tunas Peugeot dan Tunas Honda ini menguasai pangsa pasar nasional sebesar 5.2% untuk penjualan mobil baru dan 2.3% untuk penjualan sepeda motor di Indonesia.

Pelayanan di bidang otomotif semakin lengkap dengan fasilitas tambahan yang mendukung. Divisi Tunas Used Car dihadirkan demi menawarkan mobil dan motor bekas yang berkualitas. Selain itu, untuk menjawab kebutuhan konsumen dibidang pembiayaan, grup usaha ini juga memiliki PT Tunas Financindo Sarana atau Tunas Finance, sebuah fasilitas pembiayaan konsumen yang tersebar di kota-kota strategis di Indonesia.

Selain itu, melalui PT Surya Sudeco atau Tunas Rental, mereka juga menawarkan penyewaan kendaraan dan pengelolaan armada profesional bagi klien korporasi dan individu. Untuk memberikan layanan bernilai tambah, grup Tunas Ridean juga membentuk TUNASFriend, suatu layanan darurat dan derek 24 jam sebagai bagian dari komitmennya untuk memberikan layanan purna jual dengan lengkap.

Semua keberhasilan itu bisa didapatkan dengan komitmen mereka dalam mengutamakan transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab sosial, independensi, serta keadilan. Jajaran direksi serta komisioner yang tangguh memang menjadi jaminan kesuksesan sebuah perusahaan, termasuk Tunas Grup. Dengan dipimpin oleh Rico Setiawan sebagai Direktur Utama dan Anton Setiawan, Tunas Grup begitu menyadari pentingnya mengimplementasikan prinsip Good and Clean Governace.

Komitmen perusahaan untuk mengelola perusahaan secara profesional tersebut bukan hanya untuk menuntaskan kewajiban sebagai perusahaan saja, melainkan juga telah menjadi kunci sukses dalam mendapatkan performa bisnis yang efektif, efisien serta berkelanjutan dalam memenangkan persaingan pasar yang kian kompetitif.

Mengingat perekonomian Indonesia yang kian berkembang dan tingginya populasi di negeri ini, serta relatif terbatasnya penetrasi untuk pasar kendaraan baru, bukan tidak mungkin Tunas Grup tetap memegang potensi besar untuk terus maju dan menjadi lebih baik serta terus tumbuh sebagai grup bisnis otomotif terbesar di Indonesia.