Kamis , 1 April 2010

TODA Supermarket Oli: Selalu Mengedukasi Konsumen


Gerai pertama TODA yang berdiri di Jl. Boulevard Raya, Kelapa Gading ini mungkin bisa dikatakan sebagai cikal bakal dan salah satu contoh model supermarket oli pertama di Indonesia. Sebelum buka toko ini, kami sempat melakukan riset selama dua tahun dan mengambil percontohan di Hong Kong, Taiwan dan Singapura. Dulu belum ada toko khusus yang berjualan oli bermo-del supermarket, yang ada bentuknya masih bengkel tradisional dan berkesan kotor, ungkap Tjahja Tandjung, Marketing & Business Manager TODA.

TODA yang berdiri sejak 8 Mei 1997 sendiri memiliki arti yang berupa singkatan dari Toko Oli Dan Aksesoris. Hingga kini mereka memiliki dua cabang yang terletak Jl. Radio Dalam Raya dan Jl. Cideng Barat. Sesuai namanya, mereka tak hanya menjual oli mesin, namun berbagai jenis pelumas dan aksesoris kendaraan juga tersedia.

Konsep jualan mereka juga terbilang berbeda dari yang lainnya. Kami selalu memberi edukasi bagi para konsumen, mereka selalu kami arahkan dalam hal pemilihan pelumas yang tepat. Hal ini diterapkan karena kami berangkat dari sekumpulan pengu-saha yang sangat mengerti oli hingga akhirnya membuka bisnis ini, tidak se-perti toko lain yang hanyalah para pebisnis, ujar Tjahja.

Kalau kita simak, karakter konsumen TODA adalah para pecinta otomotif dan sayang atas kendaraannya. Dan pemilik kendaraan roda empat yang menjadi pelanggan TODA memang lebih banyak daripada roda dua. Sepintas, image TODA sepertinya memang mahal, padahal harga kami sangat kompetitif, tambah pria penggemar motor besar ini.