Rabu , 13 Juli 2011

Ringgo Agus Rahman: Hidup untuk Mencari Kebahagiaan


Beberapa tahun yang lalu, Ringgo tak pernah bermimpi bisa menjadi seorang aktor yang dikenal masyarakat. Ia hanya menjalani hidupnya yang dibiarkan mengalir laksana air, tanpa ambisi apapun.

Karirnya berawal dari menjadi seorang penyiar radio OZ di kota Bandung pada tahun 2003 silam. Dan beruntunglah ia, ketika sang sutradara kondang, Hanung Bramantyo, mengajaknya bermain dalam film garapannya, Jomblo pada tahun 2005. Sejak saat itu, karirnya sebagai seorang aktor melesat bak mercusuar. 

Menjalankan apa yang disuka

Kini, siapa tak mengenal pria bernama lengkap Ringgo Agus Rahman ini. Setelah membintangi film perdananya itu, tawaran demi tawaran pun datang menghampirinya. Namun Ringgo bukanlah tipe orang yang aji mumpung mengambil semua tawaran, bukan tipe orang yang mencari ketenaran dan materi. Untuk peran, ia termasuk pemilih, ia akan mengambil peran yang menurutnya akan mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan. 

Ya, karena itulah yang dicari dalam hidupnya. Ia ingin bisa selalu merasakan kebahagiaan dalam hidupnya yang hanya sekali itu. Dalam hidup, gue hanya menjalankan apa yang gue suka. Gue main film, karena gue suka akting, bukan karena pengin tenar atau materi. Gue memang selalu mencari sesuatu yang bikin hidup gue bahagia, apapun itu. Karena gue ingin selalu merasakan kebahagiaan dalam hidup. Kalau terus mengejar materi nggak ada habisnya. Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa tetap bahagia dan selalu bersyukur, berapa pun yang kita dapat, ujarnya saat ditemui di kediamannya yang asri di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan.  

Pria kelahiran Bandung, 12 Agustus 1982 ini, kini sedang jatuh cinta pada diving. Ia berobsesi ingin traveling keliling Indonesia untuk bisa menikmati keindahan bawah laut Indonesia. Gue suka banget diving. Rasanya kaya nggak percaya ketika melihat keindahan bawah laut yang selama ini hanya bisa kita lihat di televisi. Luar biasa deh pokoknya. Laut Indonesia itu indah sekali, paparnya. Selain itu, anak ketiga dari lima bersaudara ini, juga sedang mengejar cita-citanya untuk menjadi sutradara iklan, dengan cara bergabung dalam beberapa PH yang memproduksi iklan dan mempelajari ilmunya dari sana. 

Di balik pembawaannya yang santai, siapa menyangka bahwa Ringgo juga memiliki impian sederhana layaknya pria lain seumurannya, yaitu ingin menikah dan memiliki keluarga kecil yang dicintainya, gue pengin cari jodoh, menikah, punya anak, dan membesarkan anak gue, membiayai pendidikan anak gue sampai dia kuliah. Itu saja tahapan hidup yang pengin gue jalani, nggak ada ambisi yang lain, tegasnya.

Yayuk, Sahabat Setia Ringgo 

Sebuah mobil CRV hitam miliknya dinamai Yayuk, yang selama 4 tahun ini menjadi sahabat setia Ringgo, kemanapun ia pergi. Untuk itu, pria sederhana ini, sangat ekstra merawat kendaraannya itu. Gue menjaga banget supaya kendaraan ini nggak rusak dan bisa berfungsi tanpa ada hambatan apapun. Apalagi ini kan barang yang paling dekat dengan kita, kemana-mana diantar Yayuk, katanya santai. 

Untuk penggunaan oli, bintang iklan oli TOP 1 ini, selalu mempercayakan kepada mekanik bengkel langganannya. Kalau untuk oli, tergantung anjuran bengkel. Tapi sering pake TOP 1 juga, selorohnya. Menurut Ringgo, kendaraannya itu tidak pernah ada masalah selama menggunakan TOP 1. Bahkan Ringgo selalu menggunakan oli TOP 1 pada kendaraan sebelumnya, Accent Verna. Dulu gue TOP 1 selalu, nggak pernah pake yang lain. Oli TOP 1 itu harganya paling reasonable dan kualitasnya juga bagus, ujarnya.