Senin , 1 Desember 2014

Mesty Ariotedjo: Lukis Indah Mimpimu


Pemilik nama panjang Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo, ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menariknya, meskipun berprofesi sebagai seorang dokter, anak kedua dari tiga bersaudara ini adalah seorang musisi handal. Hebatnya lagi, di sela-sela kesibukannya sebagai seorang dokter dan pemain harpa, gadis cantik kelahiran Jakarta 25 tahun lalu ini juga sering tampil dalam halaman mode di berbagai majalah gaya hidup, dan menjadi bintang iklan untuk berbagai produk. Salah satunya ketika Mesty terpilih untuk menjadi duta bagi Mercedes-Benz CLA yang belum lama ini meluncur di Indonesia.

Sejak duduk di bangku kelas satu SMA, Mesty, panggilan akrabnya, sudah mulai menekuni dunia model. Puncaknya ketika ia terpilih untuk memperagakan koleksi desainer ternama Indonesia, Biyan Wanaatmadja, di tahun 2010. Sejak saat itu, wajah dan pesona Mesty mulai banyak menghiasi sampul halaman majalah-majalah gaya hidup atau menjadi model catwalk acara peragaan busana karya desainer-desainer ternama Indonesia.

Begitu pun dengan kepandaiannya dalam bermusik. Kecintaannya kepada seni membuat Mesty mempelajari berbagai alat musik. Mesty mulai belajar piano sejak berusia lima tahun. Gadis bertinggi badan 170 cm ini juga sempat mempelajari biola ketika menginjak remaja. Bahkan, Mesty juga pernah belajar bermain flute sebelum akhirnya memutuskan untuk mendalami alat musik harpa.

Kini, asuhan harpist senior Indonesia, Heidi Awuy, ini sudah sering tampil dalam berbagai recital, baik sebagai pemain harpa solo maupun dalam orkestra. Bersama dengan teman-teman musisinya, Mesty membuat sebuah ensemble musik yang dinamakan Svarga. Musik bersajak indah yang diberi judul Lukis Indah Mimpimu adalah salah satu lagu ciptaan Mesty.

Meskipun kecintaannya terhadap seni sangat tinggi, namun Mesty merasa panggilan jiwanya bukan di seni, melainkan di kesehatan. Sejak kecil, Mesty memang bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Kalau kita ingin menggapai cita-cita, kita harus harus tahu bagaimana jalan mencapainya, ujarnya. Kalau jalannya nyasar, sayang kan buang-buang waktu, ujar dokter yang sempat magang di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta ini.

Mesty juga pernah berkesempatan magang di beberapa rumah sakit di Alabama, Amerika Serikat, seperti Trinity Hospital, Brookwood Hospital, dan Cardiovascular Association (CVC Clinic). Mesty harus membantu empat dokter spesialis jantung di sana. Sekarang, Mesty sedang menjalani tugas wajibnya sebagai seorang dokter umum di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng, Flores, NTT.

Aktivitasnya di bidang kesehatan membawa Mesty juga aktif di bidang sosial. Saat ini, Mesty bertindak sebagai duta Yayasan Jantung Indonesia. Mesty konsisten aktif dalam program jantung sehat untuk semua dan sehat tanpa rokok. Dan salah satu cara Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo mengajak hidup sehat itu ia sampaikan lewat melodi permainan harpanya yang harmonis dan rajutan liriknya yang indah. Lukis indah mimpimu, ibu dokter!