Jumat , 25 Agustus 2017

Mitsubishi Terapkan 5 Baut Pada Roda Xpander, Apa Tujuannya?


Mitsubishi Xpander yang hadir sebagai mobil baru punya kelebihan dari aspek yang cukup detail. Pasalnya, LMPV ini memiliki baut roda berjumlah lima buah di tiap peleknya.

Hal yang cukup sepele namun menarik untuk disimak. Lantas apa jawaban Mitsubishi Indonesia menanggapi hal ini? "Alasannya baut lima untuk safety, karena pembagian beban dibagi ke lima titik. Ambil contoh misalnya truk, itu bebannya berat, baut rodanya ada yang enam, delapan, atau bahkan 10. Itu agar merata pembagian beban penahan," kata Boediarto, Departement Head Technical Service Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia.

Menurutnya, penggunaan lima baut untuk mengikat roda Mitsubishi Xpander sudah dihitung secara keseluruhan dan jumlah tersebut menyangkut unsur keselamatan ketika mobil melaju.

Pemilihan baut lima roda, kata Boediarto, tidak berkaitan dengan kemungkinan konsumen mengganti pelek dengan produk aftermarket. Dia mengatakan pemakaian lima baut roda juga terkesan jarang di mobil keluarga tujuh penumpang atau MPV.