Senin , 13 September 2010

Alt Star Motor: Lebih Baik Dari Bengkel Resmi


Diferensiasi mungkin menjadi resep yang paling umum dan sangat ampuh bila ingin sukses dalam menjalankan sebuah bisnis. Artinya, sebisa mungkin janganlah menjalankan suatu usaha yang sama di sebuah lingkungan yang berdekatan. Seperti halnya Alt Star Motor, sebagai bengkel motor yang terletak di kawasan pemukiman Perumnas II, Karawaci, Tangerang. Sang pemilik paham sekali siapa target mereka. Ya, pelanggan kami kebanyakan warga sekitar Perumnas ini, ucap Julianto Lie.

Alt Star Motor sendiri memang bukan nama asing lagi di kawasan ini. Sebab mereka memiliki dua cabang di lokasi yang tak terlalu berjauhan. Kebetulan Berita Bengkel singgah ke Alt Star Motor II yang relatif lebih baru. Kami buka di sini sejak tahun 2004, kami membuka sampai dua cabang lantaran lokasi bengkel pertama kurang strategis. Kalau bengkel kedua ini lebih mudah dicari pelanggan, tukas kelahiran Pontianak tahun 1980 ini.

Bengkel yang tak terlalu besar namun padat ini memiliki daya tampung 15 unit sepeda motor. Perhari rata-rata tamu yang datang sekitar 20-an dan di akhir pekan bisa sampai dua kali lipatnya. Hingga saat ini Alt Star Motor memang hanya fokus pada jasa perbaikan mesin, tune-up dan perawatan. Kami lebih konsentrasi ke penjualan suku cadang dan jasa ketimbang aksesoris, tutur pria berlatar belakang pendidikan akuntansi ini.

Untuk jam operasional, bengkel buka dari jam 7.30 hingga jam 20.00 (untuk Alt Star Motor 1), sementara Alt Star Motor II biasa tutup jam 21.00 malah 22.00, ungkap Julianto. Jam tutup yang diluar kebiasaan ini dilakukan mereka dengan pertimbangan banyaknya para pegawai yang baru sempat ngebengkel setelah jam kerja. Mereka juga tak mau datang hari Sabtu atau Minggu karena dianggap terlalu ramai. Maka mereka lebih memilih datang malam ketimbang tak kebagian dilayani, tambah pengelola bengkel yang sempat mendapat beberapa gelar seperti King of Product dan King of SKU dari produsen pelumas TOP 1 ini.

Wajar penghargaan itu mereka raih, sebab 80% dari total penjualan oli di bengkel ini dikuasai oleh TOP 1. Untuk satu bulan rata-rata mereka bisa menjual di kisaran 20 hingga 30 karton. Pelumas paling favorit di bengkel ini adalah TOP 1 SMO HP 20W-50 API SL dan TOP 1 Action Plus 10W-40, beber Julianto.