Minggu , 26 Maret 2017

Warih Andang Tjahyono Ukir Sejarah Sebagai Orang Indonesia Pertama Yang Pimpin Pabrik Toyota


Warih Andang Tjahyono belum lama ini resmi dilantik menjadi pucuk pimpinan alias orang nomer satu di pabrik Toyota Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Tentu hal ini adalah hal yang sangat bersejarah, bukan cuma bagi Warih sendiri, tapi juga bagi bangsa Indonesia. Karena selama ini pabrik mobil terlaris di Indonesia ini dipimpin orang berkebangsaan Jepang.

Warih ditunjuk menduduki Presiden Direktur PT TMMIN oleh Akio Toyoda, Presiden Direktur Toyota Motor Corporation (TMC) yang merupakan principal Toyota Indonesia. Bahkan tak lama diangkat jadi Presdir PT TMMIN, Warih bersama jajaran petinggi Toyota menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, (13/3).

Tentunya ada alasan kuat Warih ditunjuk menduduki posisi tertinggi di PT TMMIN. Komitmen serta pengabdiannya selama bekerja di Toyota menjadikannya bukan saja kaya akan pengalaman, tapi juga sistem kerja yang inovatif. Kini, Warih pun sangat optimis dalam memimpin 9.500 karyawan di perusahaan manufaktur yang 95 persen sahamnya dimiliki oleh TMC dan 5 persen PT Astra International Tbk.

Warih memulai karirnya di Toyota pada 1989 setelah lulus dari Jurusan Teknik Kimia, Universitas Diponegoro. Ia bahkan mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Toyota Jepang. Dasar kegigihan dan ketekunannya juga menjadikannya ditunjuk perusahaan untuk membantu pendirian pabrik Toyota Indonesia alias Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Pria yang lahir di Pati, Jawa Tengah pada tahun 1963 ini juga pernah menduduki jabatan penting di Toyota. Selama berkarir di Toyota sejak 1989, Warih menduduki beberapa posisi seperti Direktur Human Resources, General Affairs, Operation Management Consulting (2009-2011) dan Direktur Vehicle Manufacturing Karawang Plant & Production Engineering (2011-2014) sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden TMMIN di tahun 2014.

“Saya merasa sangat terhormat mendapat kepercayaan untuk menjalankan amanat melanjutkan tampuk kepemimpinan di TMMIN. Saya sangat menghormati integritas, kerja keras, dan rasa cinta Indonesia dari pendahulu saya, Masahiro Nonami, yang telah sukses membawa posisi TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di Asia Pasifik. Menatap ke depan, berlandaskan pondasi kuat yang telah ditinggalkan oleh Pak Nonami, saya bertekad untuk memastikan bahwa TMMIN terus memberikan yang terbaik dalam menghadapi tantangan yang semakin ketat seiring dengan upaya terus-menerus mendukung dan memberikan kontribusi pada perkembangan industri otomotif Indonesia," ujar Warih.