Kamis , 19 Januari 2017

Perawatan Busi Motor Matic Honda BeAT

Penulis : Ilham Pratama

Meski hadir sebagai komponen yang vital pada mesin. Tapi perawatan busi terbilang minim dan mudah. Yang penting harus telaten. Termasuk pada Honda BeAT.

"Salah satunya, cukup diperiksa setiap servis berkala di 4.000 km dan diganti tiap servis jarak 8.000 km," buka Ade Rochman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora, Main Dealer Honda Jawa Barat.

Pemeriksaan busi meliputi celah atau gap busi dengan ukuran standar 0,8 s/d 0,9 mm. Caranya dengan menggunakan fuller gauge dan pengecekan api busi harus berwarna biru dengan titik pancar api yang tetap dan ada di tengah. Selain itu, juga bersihkan busi dari kotoran di elektroda dengan sikat tembaga.

"Kalau api busi dan celahnya berubah, akan berpengaruh pada performa mesin. Misalnya, mesin jadi sulit hidup, juga tak bisa stasioner, atau langsam," ucapnya.

Lebih lanjut, Ade menjelaskan jika ciri-ciri busi yang minta diganti, antara lain karena pembakaran tidak sempurna dan mesin menjadi boros. "Ini juga bisa diakibatkan busi tidak pernah diperiksa dan dibersihkan karena menyebabkan penumpukan karbon pada elektrodanya yang berakibat kebocoran listrik sehingga busi harus ganti lebih cepat," tutupnya.