Kamis , 1 Januari 2015

Tips Memilih Ban Sepeda Motor


Ban adalah salah satu komponen dasar sepeda motor yang memegang peranan vital dalam faktor keselamatan berkendara. Itu sebabnya jangan sembarangan memilih ban sepeda motor Anda. Berikut beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam memilih ban agar sesuai dengan kebutuhan dan tentunya aman digunakan.

Alur Ban / Pola Kembangan Ban

Setiap ban sepeda motor memiliki pola kembangan atau alur ban yang berbeda-beda tergantung jenis dan peruntukkannya. Misalnya, untuk keperluan balapan pada lintasan kering, biasanya ban yang memiliki alur jarang atau bahkan tidak memiliki alur sama sekali yang biasa slick tire lebih sering digunakan karena dapat menghasilkan traksi maksimal. Ada juga ban yang dirancang untuk keperluan kompetisi dengan kembangan yang sportif namun tetap aman digunakan sehari-hari seperti ban DURATION tipe RC881.

Sementara itu, apabila kondisi kondisi jalan yang sering dilewati atau lingkungan tempat anda tinggal sering diguyur hujan, maka pilihlah ban beralur banyak atau yang memiliki pola alur sampai ke bagian dinding ban. Pola ini berfungsi untuk mengalirkan air yang terlindas sehingga ban tetap memiliki traksi saat melindas genangan. Ban DURATION tipe RG771 atau DURATION tipe RC828 adalah pilihan yang tepat untuk melewati jalan yang sering tergenang air.

Sementara itu ban DURATION tipe HT333 adalah ban pacul yang cocok untuk digunakan di lintasan non-aspal (offroad). Pola alur ban tipe ini didesain agar dapat memberikan traksi yang dubutuhkan untuk menghadapi medan offroad berbatu ataupun berlumpur. Meski demikian, ban ini juga tetap dapat digunakan di lintasan aspal.

Ukuran, Batas Beban, dan Batas Kecepatan

Setiap ban pasti menampilkan ukuran, batas beban yang dapat diangkut, dan batas kecepatan maksimum, yang tertera pada dinding ban. Perhatikan nilai rekomendasi yang tertera pada dinding ban untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ban dan tentunya agar aman berkendara. Ada ban yang dirancang untuk dapat mengangkut beban berat, ada juga ban yang didesain untuk kecepatan tinggi, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda, sesuai fungsinya.

Untuk ban sepeda motor matic (skutik), gunakan ban DURATION tipe TL991 yang cocok untuk digunakan pada velg berukuran 14 inci. Ban ini memiliki teknologi tubeless dengan alur yang cocok digunakan sehari-hari melintasi aspal kering ataupun basah.

Kompon Ban

Ban berkompon lunak akan memberikan traksi yang baik. Namun biasanya ban ini akan cepat aus karena gaya gesekan yang ditimbulkannya lebih kuat dibanding ban lain. Sementara itu ban berkompon keras memiliki usia pakai yang panjang, namun traksi-nya tak akan seoptimal ban berkompon lunak.