Selasa , 13 Maret 2012

Endro Utomo: Dalam Tubuhnya Mengalir Darah Daihatsu


Sejak lulus STM Pembangunan Semarang, Endro Utomo langsung menjadi mekanik Daihatsu di Semarang, Makassar dan kota-kota lainnya. Karirnya yang dimulai dari nol ini mulai merangkak naik menjadi Kepala Bengkel hingga menjabat posisi sebagai Head Service Department PT. Astra International Daihatsu saat ini.Sosoknya yang jenaka kerap menghibur semua orang. Hal ini pun ditunjukan pria kelahiran Semarang 21 September 1960 saat menghadiri Daihatsu customer gathering di Astra Bizz Center, Bandung beberapa waktu lalu. Layaknya, entertainer profesional, Endro mengajak customernya berinteraksi dengan ucapan dan lawakannya.

Berikut petikan wawancara dengan bapak dari seorang putri ini mengenai keberhasilan Daihatsu di Indonesia, saat ditemui Berita Bengkel di Bandung.

Bagaimana kondisi terakhir Daihatsu di Tanah Air?

Kami bersyukur, selama 3 tahun yang lalu Daihatsu menempati posisi kedua market share di Indonesia. Perkembangan ini mulai tampak sejak kolaborasi dengan Toyota. Yang sudah kita ketahui, Daihatsu dan Toyota berkolaborasi memproduksi Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Dimana, hampir 50 % penjualan produk Daihatsu disumbang dari Xenia.

Apa yang menjadi fokus Daihatsu saat ini?

Sejak awal, mobil-mobil yang diproduksi Daihatsu adalah jenis kendaraan yang kompak dan ramah lingkungan. Karena mobil kecil dan kompak adalah kendaraan yang cocok di Indonesia. Konsumen otomotif di Indonesia membutuhkan kendaraan yang simpel dan ekonomis.

Apa yang Bapak tawarkan agar dapat menarik minat konsumen Daihatsu?

Harus ada komitmen untuk membangun sebuah pencitraan dengan berbagai tawaran yang menarik. Salah satunya kewajiban kami untuk menjalankan motto kami yaitu We Care for Your Better.

Kami juga mempunyai beberapa program antara lain Booking Service, konsumen tak perlu datang ke bengkel karena ada layanan Daihatsu Mobil Service (DMS), layanan servis berkala yang hanya membutuhkan waktu 59 menit dengan Service Super Cepat serta program Parts 24 jam atau Gratis. Saat ini pun Daihatsu telah didukung 195 jaringan bengkel.

Untuk menyeimbangkan keseharian Bapak menggeluti dunia otomotif, hobi apa yang sering dilakukan?

Saya hobi olahraga, terutama jogging. Saya tak begitu suka dengan olahraga lainnya. Waktunya nyaris tak pernah ada, makanya saya sempatkan untuk jogging atau lari pagi di sekitar rumah.

Prestasi apa yang pernah diraih dan membanggakan Bapak hingga saat ini?

Prestasi yang membanggakan buat saya adalah saat menjadi mekanik teladan pertama di Indonesia pada tahun 1984. Dimana saat itu saya dapat menyisihkan beberapa mekanik Daihatsu Indonesia lainnya.