Jumat , 13 Januari 2012

Sunda Motor: Berawal dari Bengkel Sepeda


Berawal dari bengkel sepeda kecil-kecilan yang didirikan pada tahun 1985, Sunda Motor akhirnya bisa berkembang perlahan-lahan menjadi sebuah bengkel motor motor.

Bengkel yang terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara ini, memang tidak terlalu besar, dengan luas sekitar 6 x 3 meter. Namun cukup untuk menampung hingga 10 unit motor. 

Nama Sunda Motor sendiri diambil dari suku sang owner, Mupid, yang memang berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Bengkel yang tutup hanya di hari Jumat ini, mulai beroperasi dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 21.00, padahal Mupid hanya bekerja seorang diri, tanpa bantuan seorang mekanik pun. Dulu ada 4 orang mekanik yang membantu saya, tapi mereka sudah buka usaha bengkel sendiri. Jadi sekarang saya sendirian megang bengkel ini, belum ada yang bantu lagi, ujar Mupid.  

Perawatan dan Ganti Oli

Bengkel yang ramai setiap harinya ini, menerima segala macam service motor. Namun menurut Mupid, perawatan ganti oli merupakan perawatan yang paling sering dilakukan pelanggan, apalagi ganti oli merupakan perawatan rutinitas. Dan oli TOP 1 merupakan oli yang digemari pelanggan di bengkel ini, Oli TOP 1 di bengkel ini cukup laris, mayoritas pelanggan di sini memang menggunakan oli TOP1, katanya tanpa bermaksud promosi. Adapun oli TOP 1 yang paling digemari pelanggan adalah TOP 1 Action Plus dan TOP 1 Action Matic. 

Untuk saat ini, penjualan spare part di Sunda Motor memang kurang lengkap. Namun ke depannya, Mupid bertekad ingin melengkapi penjualan spare part di bengkelnya itu. Selain itu, ia juga ada rencana untuk merenovasi bengkelnya agar tampak lebih rapih.