Sabtu , 26 Agustus 2017

Toyota Calya dan Wuling Confero, Mana yang Paling Memanjakan Penumpang? (sisipan)


Toyota Calya yang sudah eksis lebih dari setahun sebagai mobil ekonomis yang mampu angkut penumpang, kini mendapat saingan baru. Walau tak masuk dalam skema LCGC, tapi secara harga, Wuling Confero siap jadi musuh Calya.

Sebagai MPV sejati, apa keunggulan masing-masing MPV ini dalam memanjakan dan memberi keselamatan penumpangnya? Mari kita kupas satu persatu.

Secara dimensi jelas Confero lebih bongsor. Tak heran Wuling berani mengklaim MPV bermesin 1.500 cc tersebut bisa menampung sampai 8 penumpang.

Sedangkan Calya yang secara visual tampak jelas lebih ringkas dari Confero, maksimal penumpang yang bisa diangkutnya adalah 7 orang. Kendati demikian, penumpang di baris ketiga LCGC ini tetap merasa sejuk dengan hembusan hawa dingin dari adanya blower di atas kursi baris kedua.

Sedangkan pada Confero, penumpang paing belakang harus mendapat kesejukan yang dalam waktu lebih lama karena hanya mengandalkan hembusan AC dari depan. Tapi, penumpang belakang LMPV merek Tiongkok ini bisa tak mati gaya dengan adanya USB Charging.

Pada LCGC bermesin 1.200 cc andalan Toyota yang wajib pakai oli mesin 0W-20 seperti TOP 1 EVOLUTION 0W-20 API SN ini, seluruh penumpangnya tetap dimanjakan dengan adanya wadah di tiap sisi. Bagaimana aksesibilitasnya? Untuk duduk di deretan ketiga, kedua MPV ini sama-sama menyediakan one-touch tumble di bangku baris kedua, sangat memudahkan.

Dan untuk keselamatan, seluruh penumpang dua MPV ini juga sudah mendapat sabuk pengaman. Untuk head rest, jika ada penumpang di posisi tengah bangku baris ketiga Confero, maka ia tak mendapat sandaran kepala.

Lantas berapa harganya masing-masing MPV ini? Confero 1.5 dibanderol Rp 128,8 juta sedangkan Calya 1.2 STD M/T bisa dimiliki dengan harga Rp 132,3 juta. Kedua harga di atas adalah kondisi On The Road Jabodetabek per 23 Agustus 2017.