Kamis , 24 Agustus 2017

Membandingkan Crossover Kekinian, Honda HR-V VS Chevrolet Trax


Segmen crossover yang tengah naik daun di Indonesia jadi idola baru konsumen. Dua model yang tengah populer di segmen ini adalah Honda HR-V dan Chevrolet Trax. Lantas siapa yang lebih unggul? Mari kita bandingkan dua crossover kekinian ini.


Fitur

Pada semua tipe tertingginya, compact SUV rata-rata telah dilengkapi fitur eksterior seperti projektor head lamp dengan fitur Daytime Running Light. Namun, melihat ke bagian kabin, beberapa fitur unggulan tersemat di keempat mobil ini.

Seperti Multi Information Display, sistem Entertainment dengan bantuan layar sentuh, kamera parkir, dan Smart Keyless Entry. Meski demikian, ada beberapa perbedaan fitur di antara mobil ini. Trax memiliki Sunroof sementara Honda HR-V Prestige tersemat atap Panoramic.

Beralih ke sistem hiburan, meski semua tipe memiliki head unit berlayar sentuh, namun di dalamnya terdapat perbedaan fitur.

Seperti halnya Chevrolet Trax dengan fitur Chevrolet MyLink dimana terdapat opsi Apple Car Play dan Android Auto di dalamnya. Semantara Honda HR-Vhanya memiliki fitur standard mobil-mobil masa kini seperti Bluetooth Audio dan Aux. Untungnya keempat mobil sudah dilengkapi pengontrol Audio di setir.

Meski demikian, diantara keduanya kembali ditemukan persamaan yakni keduanya memiliki fitur Cruise Control.

Mesin

Trax dilengkapi dengan mesin 1.400 cc 4 silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 dk dan torsi 200 Nm. Sedangkan HR-V dibekali dengan mesin 1.500 cc 4 silinder bertenaga 120 dk dan torsi 145 Nm. Meski keduanya memiliki konfigurasi yang berbeda, baik Chevrolet Trax maupun Honda HR-V memiliki mesin yang terbaik dikelasnya. Untuk menjaga performa dan durabilitas mesin, sebaiknya gunakan oli berkualitas tinggi seperti TOP1 EVOLUTION 5W-30/EVOLUTION 10W-30. Oli ini juga merupakan anjuran dari masing-masing ATPM.

Harga

Membahas masalah harga masing-masing tipe tertinggi, Chevrolet Trax LTZ dilabeli harga Rp 310 juta dan Honda HRV Prestige dilabel harga Rp 377 juta.