Jumat , 25 Agustus 2017

Kenali Penyebab Ban Mobil Bisa Jadi Rusak


Keempat ban ada mobil tentu sangat vital fungsinya. Maka, ketika si karet bundar ada yang terlihat rusak maupun maalfungsi, sebaiknya segera ditangani.

Beberapa kasus, memperlihatkan rusaknya ban mobil dengan kondisi yang cukup parah. Lantas apa sebenarnya yang membuat ban mobil jadi cepat rusak, retak maupun sobek?

"Ban itu tidak seperti balon. Ia akan sangat rentan pecah kalau kekurangan angin. Bisa juga seperti balon yang bila kelebihan angin pecah, tapi kalau diisi dengan 100 psi pada mobil penumpang. Tapi siapa juga yang mau ngisi sebanyak itu," ujar Arijanto Notorahardjo, Executive Vice President Marketing & Sales Replacement MC PT Gajah Tunggal Tbk,.

Meskipun telah memakai ban yang sangat cocok untuk medan tertentu, apabila salah penggunaannya akan mengakibatkan rusaknya dinding maupun permukaan ban lainnya. "Walaupun ban yang udah dipakai sudah canggih, compound nya sudah bagus tapi salah memperhitungkan tekanan udaranya, pasti cepat atau lambat akan pecah juga," tambahnya.

Jadi mulai dari sekarang selalu perhatikan tekanan angin ban mobil Anda. Jangan sampai kekurangan angin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan nanti. Dan jangan sampai kekurangan angin juga.