Minggu , 13 Februari 2011

Bagus Susanto: Marketer Andal


Meski baru menjabat Sales and Marketing Director Ford Motor Indonesia (FMI) pada awal tahun ini, Bagus Susanto sesungguhnya sosok lama yang bisa dibilang turut andil dalam membesarkan Ford di Indonesia maupun di kawasan Asia Pacific. 

Berkat tangan dinginnya, membuat Ford berkembang pesat hanya dalam waktu 8 tahun. Berikut hasil wawancara Berita Bengkel dengan pria lulusan ITS, Surabaya yang ramah ini. 

Sejak kapan anda bergabung dengan Ford?

 Pertama kali bergabung di Ford pada 1 Mei 2003. Ketika itu sebagai General Marketing Manager, sampai dengan tahun 2007. Pada tahun itu juga, saya menjabat sebagai Marketing Communication and Service Manager untuk Ford Asia Pacific yang berkedudukan di Bangkok. Agustus 2009 markas Ford Asia Pacific pindah ke Shanghai dan saya boyongan ke sana. Lalu Januari 2011, saya kembali lagi ke FMI dan menjabat Sales and Marketing Director. 

Bagaimana dperkembangan FMI sendiri sejak pertama kali beroperasi di Indonesia?

Pertama kali masuk ke Indonesia di tahun 2002, Ford menduduki peringkat 14 dalam hal penjualan. Tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 2005, kita masuk 10 besar hingga saat ini. Hasil penjualan kita memang terus mengalami kenaikan. Saya ingat betul, pada saat pertama kali saya bergabung di tahun 2003, penjualan kita hanya sekitar 2000 an dalam setahun. Sekarang, kita bisa menjual hampir 1000 dalam sebulan. Menurut saya itu suatu loncatan yang luar biasa. Penjualan di tahun 2010 merupakan pencapaian terbaik  selama ini. 

Apa pengembangan Ford selanjutnya di Indonesia?

Yang jelas kita terus melakukan penetrasi pasar dengan meluncurkan produk produk baru. Penetrasi kita itu baru 20 % dari total industri yang ada, contohnya kita belum bermain di segmen MPV. Ini yang menjadi target kita ke depan. Kedua kita akan perluas jaringan, dari 33 outlet menjadi paling sedikitnya 40 outlet sampai akhir tahun ini.

 Selain menggeluti bisnis otomotif, apa yang anda lakukan di waktu luang?

Saya suka traveling atau hanya sekadar jalan-jalan mengendarai mobil. Saya juga suka menjelajahi tempat-tempat baru. Selain itu, saya suka membaca buku, mendengar musik dan olahraga. Kalau untuk olahraga, saya suka olahraga yang santai, seperti jogging. Biasanya saya lakukan pada hari Sabtu dan Minggu pagi.