Selasa , 31 Januari 2017

Tips Merawat Motor Sport Saat Musim Hujan


Musim hujan yang tengah terjadi di Indonesia mewajibkan pengendara motor untuk merawat lebih ekstra tunggangannya. Dan berikut komponen yang wajib diperhatikan saat merawat motor di musim hujan.
Yang pertama adalah sistem pengereman. Paling mudah, cuci komponen cakram setelah berkendara menembus hujan. Karena sisa kotoran saat hujan akan menimbulkan kerak dan debu pada kampas rem. Hasilnya, kerap terdengar suara 'srek-srek' di bagian rem. "Jangan dibiarkan, kelamaan bisa membuat cakram lecet dan aus," buka Winarno dari Divisi Racing PT Chemco Harapan Nusantara, produsen rem merek Nissin.  
Selain itu, bersihkan juga bagian lampu-lampu. Pasalnya, bercak air hujan yang menempel pada lampu-lampu bisa mengganggu visibilitas berkendara.
"Semakin lama, bercaknya semakin tebal, nantinya bisa mengganggu pandangan pengendara. Hal yang dianggap sepele ini bisa menyebabkan kecelakaan," ucap Jusri Pulubuhu, founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).
Membersihkannya mudah kok, asal jangan malas saja. Caranya, setelah berkendara menembus hujan langsung lap lampu dengan chamois basah. Setelah itu lap dengan kain bersih yang kering. Sedangkan jika bercak sudah kering, lebih baik lampu dibasahkan terlebih dahulu sebelum dilap untuk menghindari lecet akibat debu sisa hujan.