Kamis , 1 Januari 2015

Seni Memanjakan Konsumen


Selain menjual produk yang berkualitas, kelancaran bisnis juga banyak ditentukan oleh respons pelanggan yang datang. Terutama apabila bisnis Anda bergerak di bidang jasa seperti bengkel mobil atau sepeda motor. Lalu bagaimana cara mencuri perhatian pelanggan agar mereka terus datang dan menggunakan jasa Anda, atau bahkan merekomendasikan bengkel Anda kepada komunitasnya?

Kami selalu menganggap setiap pelanggan kami adalah konsumen VIP. Itu sebabnya kami selalu memberikan pelayanan yang terbaik seperti menyediakan free pick-up bagi yang ingin servis kendaraannya, beber Dian Nugroho, Marketing Communication Manager, Mabua Harley-Davidson Indonesia.

Dian Nugroho menambahkan bahwa mereka juga memberikan keuntungan lain bagi pemilik Harley-Davidson seperti kartu keanggotaan Mabua Harley Privilege Card yang bisa digunakan untuk mendapatkan diskon di restoran, rumah sakit, hotel, dan lainnya. Selain itu menurutnya, menjalin komunikasi tidak harus selamanya bertemu dengan pelanggan, salah satu caranya adalah dengan selalu mengirimkan majalah seputar bisnisnya secara gratis kepada pelanggannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Hidayat Wijaya, Direktur PT Kawansakti Sejahtera selaku main dealer Kawasaki di area Jabodetabek. Kami menyediakan layanan servis di rumah. Jadi pelanggan cukup menghubungi kami via telepon nanti mobil servis kami yang mendatangi, ujar Hidayat.

Biaya yang dikenakan baik servis di rumah ataupun di bengkel pun tetap sama, lanjutnya. Selain itu, Hidayat menyampaikan bahwa mereka juga menyediakan layanan darurat yaitu, Road Service 24 jam berupa fasiltas jasa derek dan perbaikan di tempat.

Semua fasilitas tersebut diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada para pelanggan. Sebetulnya masih ada banyak lagi fasilitas yang bisa diberikan kepada pelanggan saat servis di bengkel Anda seperti misalnya, jaminan garansi jasa perbaikan dan suku cadang atau menerima pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Sekarang ini juga sudah mulai banyak bengkel yang menawarkan paket promo seperti beli oli gratis jasa, atau paket perawatan berkala, atau bahkan kartu keanggotaan yang menawarkan diskon atau gratis biaya jasa untuk periode servis tertentu.

Selain itu fasilitas bengkel juga harus terus ditambah agar semakin banyak jenis perbaikan yang bisa dikerjakan. Mekanik yang berpengalaman dan handal juga berkontribusi membuat pelanggan datang kembali. Waktu proses perbaikan atau servis yang cepat dan hasil yang memuaskan menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bengkel.

Bengkel juga sebaiknya menyediakan ruang tunggu lengkap dengan beberapa fasilitas hiburan seperti AC, televisi, makanan dan minuman. Komunikasi langsung kepada konsumen dengan membangun hubungan yang lebih dari sekedar hubungan penjual dengan pelanggan juga bisa menjadi kiat sukses bisnis bengkel, seperti yang dilakukan oleh Andre pemilik Bellisimo Scooter Shop dengan komunitas Vespa.