Senin , 12 Juni 2017

Kurangi Guncangan Rantai Motor Pakai Variasi Tensioner


Tahukah Anda, goncangan pada rantai motor saat mengoper gigi dapat menyebabkan rantai motor mudah aus karena kendor. Nah, ada satu alat nih yang membuat rantai motor Anda berumur lebih panjang yang. Alat ini disebut Chain Tensioner atau yang sering disebut pengencang rantai.

Alat yang betul-betul berfungsi sebagai pengencang rantai motor ini, membuat perputaran rantai saat gigi dioper menjadi lebih halus dan menghilangkan sentakan pada rantai. Sehingga umur rantai menjadi lebih panjang dan awet.

Sebab, goncangan pada rantai motor saat mengoper gigi dapat menyebabkan rantai motor mudah melar, maka penggunaan tensioner pada rantai motor cukup disarankan.

Benda yang tergolong part variasi ini sudah banyak dijual di toko-toko sparparts motor. Harganya pun cukup murah, mulai dari Rp 25.000 – Rp 150.000 saja.

Bentuk dan bahannya memang bervariasi, tapi sebaiknya beli yang kualitas menengah, utamakan fungsi dan bahan dibandingkan bentuk dan warna.

Kendati demikian, pelumasan rantai juga mutlak dilakukan agar kerja transfer daya dari mesin ke roda berjalan dengan baik. Untuk melumasi rantai, TOP 1 Synthetic Chain adalah yang terbaik. Bukan saja penggunaannya yang mudah karena tinggal semprot, tapi kandungannya juga akan menjaga rantai berputar tetap halus dan meminimalisir berisik.