Senin , 5 Juni 2017

Mudik Pakai Celana Jeans Bisa Merusak Jok Kulit?


Salah satu faktor kenyamanan perjalanan mudik menggunakan mobil tentunya sangat bergantung pada jok. Pada mobil yang sudah pakai jok kulit tentunya jadi kelebihan tersendiri karena lebih nyaman dan tampak berkelas.

Tapi ternyata jok kulit dan celana jeans yang dipakai penumpang maupun pengemudi punya hubungan yang tak baik. Tentunya hal ini cukup ironis, mengingat celana bahan jeans adalah salah satu bahan yang nyaman untuk mengemudi.

Kerusakan jok kulit biasanya adalah sobek di bagian bawah dan sandaran punggung. Tapi bagian jok tempat memposisikan pangkal paha memang kerap terlihat cepat rusak.

"Jok kulit memang cenderung mudah rusak dan sobek di bagian pengemudi. Hal ini sangat erat kaitannya dengan penggunaan celana berbahan jeans yang sering dipakai penumpang dan pengemudi," ujar Dana Iswanto, Brand Manajer PT Polystar International yang menaungi merek MBTech.

Uniknya, menurut Dana ada satu jenis mobil yang biasanya jok kulit bagian pengemudi cenderung cepat rusak. "Mobil yang tinggi, seperti SUV. Apalagi jika pengemudinya berpostur pendek, dia cenderung lebih banyak gerakan dan gesekan dengan jok saat keluar dan masuk mobil."

Jadi sebenarnya jok kulit memang tak serta merta bisa awet selamanya. Tapi harusnya pada bahan jok kulit yang berkualitas, akan lebih tahan terhadap gesekan celana jeans dan lebih awet.

Jika Anda ingin mengurangi efek rusak pada jok, menggunakan celana bahan akan membantu. Atau bila tetap menggunakan jeans, usahakan tidak bergesek dengan bagian samping kursi saat masuk mobil.