Kamis , 1 Januari 2015

Merawat Skutik Premium


Motor udah keren, aksesoris udah komplit, mesin udah kenceng, pastinya sangat disayangkan kalau sepeda motor kesayangan Anda mogok di tengah jalan. Apalagi kalau sepeda motor anda adalah skuter matic premium yang tentunya harganya pun tidak bisa dibilang murah.

Namun lantaran harganya yang tidak murah itulah, tak sedikit pemilik skutik premium yang menggunakan skutik kesayangannya tersebut hanya pada hari-hari tertentu saja. Takut lecet, ketabrak, dan masih banyak alasan lainnya. Tetapi tahukah Anda kalau yang skutik jarang dipakai justru lebih mudah rusak.

Misalkan skutik mejeng di garasi lebih dari 1 bulan, maka hampir seluruh oli sudah mengendap di dasar bak karter. Jadi, bagian kepala silinder perlu pelumas ekstra untuk mulai bekerja. Hindari mengoperasikan mesin ketika kepala silinder dalam kondisi kering minim pelunasan karena dapat memperpendek umur mesin akibat gesekan di dalam ruang bakar.

Sebelum mulai riding, sebaiknya operasikan kick starter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak supaya oli bersirkulasi. Tapi ingat ada beberapa tipe skutik premium yang tidak menyediakan kick starter. Singkatnya gunakanlah skutik premium Anda sesering mungkin.

Bila jarang digunakan, aki juga menjadi cepat tekor. Walhasil kendaraan anda tidak bisa dihidupkan. Jangan lupa juga, sebelum riding biasakan memanaskan skutik anda beberapa menit saja. Skutik premium sudah menggunakan mesin berteknologi injeksi, jadi tidak perlu repot lagi membuka-tutup choke skep karburator karena asupan bahan bakar sudah diatur secara otomatis oleh ECU yang akan menaikkan putaran mesin lebih tinggi ketika awal starter. Itu sebabnya kalau putaran mesin belum kembali normal tetapi sudah diajak jalan, maka konsumsi bahan bakarnya pun pasti jadi lebih boros.

Khusus untuk Vespa, gunakan pelumas dengan tingkat kekentalan 5W-40, ujar Andre pemilik Bellisimo Scooter Shop di BSD. Ia juga menganjurkan setiap pemilik skutik premium untuk selalu mengikuti petunjuk pengoperasian dan perawatan yang tertulis pada manual book setiap skutik.

Sementara itu soal bodi Vespa yang getar, itu karena kualitas as kopling yang kurang baik. Salah satu solusinya adalah dengan mengganti as kopling orisinal buatan Italia. Sayangnya biaya yang dibutuhkan untuk mengganti as kopling dan variator terbilang cukup mahal.