Senin , 15 Mei 2017

Amelia Tjandra Sukses Bawa Daihatsu Pahami Kemauan Konsumen Indonesia


Merek Daihatsu di Indonesia tentunya sudah tak asing lagi. Berdasarkan data GAIKINDO, sampai April 2017 saja merek asal Jepang ini menduduki peringkat kedua setelah Toyota sebagai mobil terlaris di Indonesia.

Mulai dari era kepopuleran Feroza sampai kehadiran Ayla bermesin 1.200 cc seperti kepunyaan Sigra, Daihatsu selalu berhasil merebut hati masyarakat. Tapi siapa sangka di balik kesuksesan tersebut, ada satu orang yang punya peran penting. Semakin menarik, beliau adalah seorang perempuan.

Amelia Tjandra, menjadi salah satu tokoh di balik kesuksesan Daihatsu Indonesia. Kini ia menduduki jabatan strategis di PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai Direktur Marketing, dan sudah mengawal berbagai kehadiran mobil baru yang langsung memiliki penjualan membanggakan.

Amel, begitu wanita enerjik itu akrab disapa, menyebut bahwa memenuhi kebutuhan dan kemauan kebanyakan konsumen adalah salah satu juru jitu suksesnya penjualan Daihatsu.

"Contohnya itu Sigra, orang Indonesia cenderung menginginkan mobil yang bisa angkut banyak penumpang, mereka suka angkut keluarga, tapi tetap dengan harga yang murah," papar Amel dalam sebuah kesempatan.

Kini Amelia membawa Daihatsu ke dalam profil merek mobil yang ekonomis dan bersahabat dengan masyarakat yang merupakan first buyer. "Kendati demikian, kita tetap memperhatikan dan berusaha memanjakan konsumen," tambah Amel.

Saat ini Daihatsu Indonesia bahkan sudah memiliki fasilitas Research and Development sendiri yang berada di kompleks pabrik perakitan Daihatsu di Karawang, Jawa Barat.

Dari fasilitas tersebut Daihatsu bahkan memproyeksikan akan melahirkan sebuah mobil yang benar-benar hasil buatan putra-putri Indonesia. "Dari fasilitas ini kami harapkan bisa lahir mobil Daihatsu yang murni buatan Indonesia, mulai dari perencanaan sampai peluncurannya, Daihatsu pusat sudah mempercayakan pada kami. Ini sebagai bentuk perhatian kami terhadap pasar Indonesia, kami membuat mobil berdasarkan kebutuhan dan kemauan konsumen," tutup Amel.