Rabu , 7 Juni 2017

Menjaga Kondisi Mobil Tetap Prima Meski Ditinggal Mudik Lebaran


Hari raya Lebaran memang jadi momen tepat untuk liburan. Jika memilih pelesir dengan transportasi publik, atau Anda memilik mobil lebih dari satu, jangan abaikan nasib mobil yang ditinggal di rumah. Ada baiknya melakukan beberapa tips berikut sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama.

Bebaskan Rem Tangan
Dari beberapa sumber yang TheGaspol himpun, rem tangan yang “menggigit” selama berhari-hari bisa mengakibatkan kelengketan pada komponen-komponen pengereman. Solusinya, parkir mobil di tempat datar dan amankan posisinya dengan mengganjal setiap roda.

Lepas Kabel Aki
Ada kemungkinan aki tekor jika mobil ditinggal dalam waktu lama tanpa dipanasi sama sekali. Untuk menghindari hal ini, lepas kabel-kabel aki dari katup agar tidak ada arus listrik yang terbuang.

Taruh Pengharum
Menaruh pengharum di bawah jok atau sekitar dasbor bisa menangkal bau apek saat mobil tidak digunakan dalam beberapa waktu. Cara ini bisa dibarengi dengan memberi sedikit celah pada jendela, dengan catatan mobil terparkir dalam garasi yang terjamin aman.

Ganjal Wiper
Beri ganjalan pada wiper agar tidak selalu menempel dengan kaca. Cara ini berutujuan mencegah karetwiper mengeras sehingga mengakibatkan baret saat kembali digunakan.

Selimuti Mobil
Menggunakan cover bisa memberi perlindungan pada cat saat mobil terparkir di luar ruangan. Seandainya barang ini tidak tersedia, opsi lainnya ialah memarkir mobil di tempat teduh tapi bukan di bawah pohon karena getahnya bisa memengaruhi cat.

Amankan Kolong Mobil
Tak banyak yang menyangka kalau tikus juga merupakan ancaman bagi mobil. Taruh pengusir tikus di kolong mobil untuk mencegah mamalia ini menjamah sektor mesin dan menggerogoti kabel-kabel.