Kamis , 6 April 2017

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Berkendara Jarak Jauh


Road trip atau berkendara jarak jauh telah menjadi hobby baru ataupun rutinitas tahunan bagi sebagian orang.

Menghempaskan jarak tempuh sejauh 400–500 km melewati berbagai kondisi jalan sudah menjadi hal yang lazim dilakukan.

Namun, ada baiknya ketika Anda memutuskan bepergian jarak jauh, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bahkan perlu persiapan ekstra.

Jangan lupa, untuk mempersiapkan mobil dengan benar dan teliti, hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan kerusakan yang dapat terjadi di tengah perjalanan.

Lakukan Pre Trip Inspection secara resmi ke bengkel resmi atau bengkel non resmi langganan Anda.

Namun ingat, jangan percaya 100% dengan bengkel, bagaimanapun juga pengemudi bertanggung jawab terhadap mobilnya dan lakukan secara manual (pribadi) supaya pengemudi lebih yakin tidak adanya komponen dalam mobil yang masih mengalami kerusakan.

Hal-hal yang sangat penting diperhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan jauh antara lain: 

Ban

  1. Pastikan ban yang dipergunakan sesuai dengan medan yang akan dilalui.
  2. Pastikan ban yang Anda pergunakan dalam kondisi baik dan tidak kadaluarsa.
  3. Sesuaikan tekanan angin ban dengan beban maksimal bawaan.

 

Mesin

  1. Pastikan tidak ada rembesan atau kebocoran yang ada di kolong mesin kendaraan Anda.
  2. Cek seluruh cairan ( air accu, air radiator, air wiper, oli mesin, oli rem, oli power steering, oli kopling ) pastikan semua dalam kondisi normal pada tempatnya. Apabila ada kekurangan cairan, berarti ada kerusakan dari komponen tersebut, segera perbaiki di bengkel yang anda percayakan.
  3. Wiper, pastikan kondisi karetnya dalam kondisi baik dan tidak getas. Karena wiper akan sangat berguna ketika anda berkendara kondisi hujan, selain itu biasanya anda melewati jalan yang kotor atau tebing – tebing dengan debu berterbangan, jika wiper anda tidak berfungsi, maka penglihatan anda akan terganggu dan itu menjadi bencana saat berkendara.
  4. Kelengkapan kendaraan, seperti STNK, Manual book, Pemadam kebakaran (Yamato), P3K, tools.
  5. Kurangi variasi/modifikasi interior yang berlebihan, karena justru akan membuat perjalanan anda tidak nyaman dan aman.

Nah, dengan mengecek hal-hal di atas sebelum melakukan perjalanan, maka Anda bisa lebih tenang ketika menempuh perjalanan jauh.

Dan yang terakhir, jangan lupa menepi atau beristirahat setiap Anda mengemudi selama 3 jam guna mengembalikan kebugaran dan mengembalikan stamina yang terkuras selama di perjalanan.