Senin , 13 Februari 2012

Jonfis Fandy: Besarkan Honda di Indonesia


Pembawaannya yang diam, tenang, dan bersahaja, ternyata berhasil menjadikannya seorang pemimpin yang patut diperhitungkan dunia otomotif di tanah air. 

Di bawah kepemimpinannya, mobil merek Honda yang berada di bawah payung PT. Honda Prospect Motor (HPM), mampu bersaing dengan merek-merek besar lainnya yang ada di Indonesia, serta berhasil mencapai penjualan yang menakjubkan. Sebut saja misalnya, Honda Freed yang baru diluncurkan sejak 2009 lalu, berhasil menembus angka penjualan sebanyak 32.512 unit selama kurun waktu kurang dari tiga tahun, sejak Juni 2009 hingga Desember 2011 lalu. Honda Freed juga menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda di bulan Desember 2011, ujarnya.     

Bagaimana dengan perkembangan atau produk terbaru dari Honda Prospect Motor untuk pasar Indonesia?

Model produk yang dipasarkan oleh HPM diantaranya Honda Jazz, Honda Freed, Honda CR-V, Honda Odyssey, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord.  Untuk yang terbaru, pada bulan Mei 2011 lalu, kita meluncurkan New Honda Jazz dan pada bulan Oktober 2011 lalu, kita meluncurkan Freed S Alpha. 

  Dari semua produk itu, mana yang menjadi best seller?

Honda Jazz, Honda Freed dan Honda CR-V. Itu yang penjualannya paling tinggi, khususnya penjualan sepanjang tahun 2011. Penjualan Honda Freed sendiri, sejak bulan Januari hingga Desember 2011 tercatat sebanyak 10.112 unit. Honda Freed memang semakin diminati konsumen di beberapa bulan ini. 

Bagaimana dengan penjualan Honda secara keseluruhan sepanjang tahun 2011 lalu?

Secara total, Honda mencatat penjualan sebesar 2.191 unit pada bulan Desember lalu. Dengan demikian, Honda telah mencatat penjualan sepanjang tahun 2011 sebesar 45.416 unit mobil, dan menguasai pangsa pasar sebesar 5.1% di seluruh wilayah Indonesia sepanjang tahun 2011.   

Strategi-strategi apa saja yang dilakukan oleh HPM dalam menghadapi persaingan, sehingga Honda bisa terus eksis di Indonesia? 

Kami terus menghadirkan produk yang berkualitas dan memberikan pelayanan purna jual yang semakin mendukung dan menguntungkan konsumen kami. Kami juga selalu berusaha untuk terus memperkuat posisi kami di pasar otomotif Indonesia. 

Penghargaan apa saja yang telah diperoleh oleh HPM selama ini?

Sejak didirikan hingga sekarang, PT. Honda Prospect Motor telah meraih berbagai macam penghargaan di Indonesia, baik dari sisi produk terbaik, layanan purna jual, Call Center, Concern in Safety, penghijauan, CSR, Corporate Image perusahaan, Brand Terbaik, JD Power, kecelakaan nihil, balapan dan juga kepuasan pelanggan. Dan penghargaan yang terbaru yaitu Initial Quality Study (IQS) dari J.D Power, yang menyatakan bahwa Honda Freed merupakan mobil MPV yang paling sedikit bermasalah, membuktikan keunggulan mobil MPV tersebut, baik untuk pasar nasional maupun internasional. 

Apakah ada kendala yang dihadapi oleh HPM?

Untuk saat ini, kendalanya ada pada kondisi keterbatasan pasokan akibat bencana banjir yang menimpa Thailand. Kondisi itu mungkin masih akan berlanjut hingga awal 2012 ini, tetapi kami akan terus memaksimalkan kapasitas produksi yang ada dengan ketersediaan barang yang ada untuk terus memenuhi permintaan konsumen.