Kamis , 1 Januari 2015

Istana Motor: Bisnis Tiga Serangkai


Seberat apapun bebannya, kalau dipikul bersama pasti terasa ringan. Itulah prinsip yang dipegang teguh oleh Mulyono Bong, Edi Gunawan, dan Oki Alexander ketika membuka usaha bengkel Istana Mobil sepuluh tahun lalu. Dengan kerjasama apik, akhirnya ketiga kakak-beradik itu berhasil bertahan sampai sekarang dan menjadikan usaha mereka selalu dibanjiri pelanggan.

Kalau kita bekerjasama, lebih banyak untungnya, dari orang tua memang kita kakak beradik selalu diajarkan untuk sama-sama terus, harus bisa akur, supaya sukses, ujar Mulyono sang kakak tertua.

Dengan semangat kerjasama itu, sedikit demi sedikit usaha mereka dibangun. Keuntungan demi keuntungan kemudian diputar lagi oleh tiga serangkai tersebut untuk menambah fasilitas bengkel. Dari awalnya hanya bisa menangani servis ganti oli, AC, dan variasi audio. Sekarang bisa dibilang pelayanannya sudah lengkap sampai ke spooring dan balancing. Alhasil pelanggan pun seperti punya one stop shopping setiap berkunjung ke bengkel yang terletak di Jl. KH. A. Dahlan, Kota Pontianak itu.

Fasilitas bengkel kita lengkapkan, pemasangan audio, spooring, balancing, servis AC, semua kita bisa terima. Untuk pengecetan bodi kami punya rekanan yang telah terjamin kualitasnya, papar Mulyono.

Pelayanan bengkel pun selalu dijaga kualitasnya. Pria 34 tahun itu mengaku punya standard waktu pelayanan. Untuk ganti oli dan membersihkan filter misalnya, di Istana Mobil hanya butuh 15 menit, tidak lebih. Menurut dia, karakter orang Pontianak adalah tidak sabaran, sehingga mau tidak mau untuk memberi kepuasan pelayanan pun harus cepat.

Untuk oli yang dipakai, Mulyono pun mengaku selalu menyarankan pelanggannya untuk memakai TOP 1. Selain harganya bersaing, Oli TOP 1 juga punya kualitas yang baik. Di sini pelanggan paling sering menggunakan TOP 1 HP PLUS 10W-40, olinya bagus, banyak pelanggan yang mengaku setelah pakai TOP 1, mobilnya jadi lebih enak jalannya, tutup Pak Mulyono.