Kamis , 5 Januari 2017

Ini Alasan Honda Civic Turbo dan Chevrolet Trax Wajib Pakai Oli Sintetik


 

Belakangan ini pasar mobil nasional diramaikan dengan mobil di bawah 2.000 cc bermesin turbo. Tentu menjadi tambahan pilihan menarik bagi konsumen yang akan berencana membeli mobil.

Lantas bagaimana dengan penggunaan pelumas yang tepat untuk mesin dengan pemampat udara ini? Tentunya penggunaan pelumas yang 100 persen sintetik mutlak dipaki mesin turbo.

Seperti yang dipaparkan tim teknik Honda Prospect Motor, karena mesin bensin dengan turbo pastinya lebih presisi dan cenderung punya tingkat panas yang lebih tinggi. Maka pelumas seperti TOP 1 EVOLUTION sangat pas dipakai untuk Civic Turbo dan Chevrolet Trax.

Oli jenis sintetik dirancang punya kemampuan yang lebih tahan panas. Maka ia bukan saja berperan melumasi mesin turbo tapi juga jadi semacam pengurang hawa panas mesin yang timbul akibat friksi alias gesekan antar komponen mesin.

Jika sebuah oli tidak tahan panas dan cepat menguap, artinya oli itu belum siap untuk teknologi mobil masa kini. Maka bisa dibayangkan jika sebuah Civic Turbo dipaksa pakai oli non-sintetik, mesin akan lebih cepat panas.

Jika sudah demikian, sudah pasti performa mesinnya akan turun drastis dan mesin lebih cepat rusak. Maka bisa dibilang bukan saja diperlukan pelumas berkemampuan istimewa untuk mobil turbo. Seperti yang dikandung oli TOP 1 yang diklaim punya kemurnian yang terjamin, sehingga penurunan performa melumasi mesin sulit untuk menurun.