Kamis , 1 Januari 2015

Independent Ninja Community: Wadah Kopdar Para Ninja


Sejak berdiri empat tahun lalu, Independent Ninja Community (INCy) selalu konsisten menjadi wadah bagi para penunggang motor Kawasaki Ninja. Semua varian boleh bergabung di sini, baik itu Ninja 150, Ninja 250, ataupun Ninja 600 sekalipun boleh bergabung.

Anggotanya pun bukan hanya di dominasi laki-laki, perempuan juga ada yang bergabung ke komunitas motor gede ini. Pasalnya di INCy bukan perbedaan dilihat, tapi lebih pada kebersamaan. Komunitas ini sengaja dibentuk sebagai wadah sharing dan bertukar informasi mengenai motor Ninja, mulai dari cara perawatan hingga cara mendapatkan spare part.

Saat ini untuk INCy Jakarta saja sudah ada kurang lebih 200 anggota. Kita juga sekarang sudah punya chapter di beberapa daerah, seperti Bogor, Cianjur, dan Bandung, ujar Ketua INCy Jakarta, Riatno.

Dia menjelaskan, khusus INCy Jakarta setiap minggunya selalu diadakan aktivitas kopdar untuk mengakrabkan satu sama lain. Biasanya kumpul-kumpul tersebut di adakan setiap malam minggu di depan Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. Menurut Riatno tidak kurang 30-40 anggota selalu hadir memarkirkan kendaraannya di sana.

Kopdar itu kita adakan untuk fun, ketemu sodara-sodara, saling bertukar informasi terbaru. Hari ngumpulnya kita pilih malam minggu, supaya yang pada kerja dari Senin sampai Jumat tetap bisa ikut, papar pria yang berprofesi sebagai chef di salah satu restoran ternama di Jakarta tersebut.

Selain kopdar, INCy juga aktif melakukan touring dengan motor setiap tahunnya. Misalnya saja di awal tahun 2015, mereka menggelar perjalanan sekaligus gathering ke daerah Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Bukan hanya pulau jawa yang mereka pernah lintasi bersama-sama, Bali bahkan sampai Sumatera pun pernah disambagi oleh komunitas ini.

Menurut Riatno, INCy juga aktif melaksanakan bakti sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Bencana banjir dan kebakaran di sekitar Jakarta, pasti secara spontan INCy akan mengumpulkan sumbangan untuk kemudian didonasikan ke lokasi bencana.

Setiap tahunnya, kita juga selalu mengadakan baksos ramadhan yang menginduk pada KNI (Komunitas Ninja Indonesia) region Jabodetabek. Tahun kemarin kami yang dijadikan panitia inti, dan kita sukses mengadakan baksos ke anak yatim dan juga sunatan masal, ungkapnya.