Senin , 13 Februari 2012

Gol Service Center: Bangkit Setelah Tsunami


Tak selamanya bencana alam membuat derita. Hal inilah yang dialami Gol Service Center, Aceh Besar. Bencana Tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam, membuat bengkel mobil dan motor ini bangkit dan berkembang hingga sekarang         

Sebenarnya Gol Service Center berdiri sebelum bencana tsunami melanda Aceh pada tahun 2004 lalu. Saat itu, bengkel milik Suherman SP yang terletak di simpang Ajuen, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar ini sudah sering disambangi konsumennya. Dari pemilik mobil-mobil kecil hingga mobil besar seperti truk dan bus. Bahkan Gol Service Center pun kerap didatangi konsumen pengguna kereta (sepeda motor).

Berkembang Pesat Pasca Bencana

Saat tsunami datang, bengkel yang sedang berkembang ini pun tak luput dari bencana tersebut. Untungnya, hanya sebagian bengkel saja yang rusak. Selebihnya, masih bisa diselamatkan, kenang Suherman. Ia butuh tiga bulan untuk membersihkan dan membangun kembali bengkelnya yang porak poranda ini.

Bencana tak membuat Suherman putus asa. Ia justru memperluas bengkelnya dengan membeli ruko berukuran 4x12 meter persegi yang tak jauh dari lokasi bengkel pertama.  Karena banyaknya konsumen yang datang untuk ganti oli dan terbatasnya daya tampung kendaraan, maka kami memperluas bengkel ini, kata Suherman.

Tak hanya itu, dengan semakin bayak konsumennya, yang rata-rata per hari bisa mencapai 70 hingga 80 kendaraan untuk ganti oli, Suherman kembali membuka cabang ketiga Gol Service Center. Cabang ketiga ini difokuskan untuk showroom oli dan spare part.

Bengkel dan showroom oli yang beroperasi jam 07.30 hingga jam 18.00 ini, saat ini sudah memperkejakan karyawannya sebanyak 12 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk mekanik dan karyawan showroom oli dan spare parts. Dan menempati ketiga lokasi bengkel yang masing-masing jaraknya hanya dibatasi satu ruko saja, ujar Suherman.

TOP 1 Action Matic Laku Keras 

Sejak awal Gol Service Center tak hanya melayani konsumen pemilik mobil saja. Bengkel ini juga menerima pemilik kereta yang akan ganti oli. Bahkan, menurut Suherman, lebih banyak konsumen kereta dibanding mobil. Tak heran jika TOP 1 Action Matic banyak dicari konsumen provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah tersebut. Untuk pelumas sepeda motor, di Aceh Besar, TOP 1 memang sangat familiar. Banyak konsumen sepeda motor yang cari oli Action Matic, meski di bengkel ini banyak produk lain, kata Suherman.