Rabu , 20 Januari 2010

Aegon: Beda Karakteristik


Walau kini Bandung serasa tak jauh dari Jakarta, lantaran cukup menempuh 2 jam perjalanan via tol Cipularang. Namun tetap saja influence gaya hidup metropolis Jakarta tak semuanya terserap di Ibukota Jawa Barat ini. 

Contohnya dari segi perawatan kendaraan. Di Jakarta mungkin semua orang berfikir praktis dan sebisa mungkin hemat waktu, jadi mereka akan merawat mobilnya di bengkel terdekat dengan tempat tinggal atau kantor mereka. Lain halnya orang Bandung, mereka harus mendapatkan pendekatan personal. Mulai dari bengkel, hingga pelumas yang dipakai juga harus merupakan saran seorang kerabat atau penjaja pelumas tersebut. Jadi sampai urusan servis ringan sekalipun, mereka rela mencari bengkel yang dianggap bisa dipercaya, walau jaraknya tak dekat, ujar Cahyadi T, sang pemilik bengkel Aegon.

Nah, dalam berdagang pun, Cahyadi berusaha menerapkan unsur kepercayaan di atas segalanya. Bengkel yang dibangun sejak 1998 ini diupayakan semaksimal mungkin menjadi tempat servis dan penjualan oli terbaik.  Lokasi yang beralamat di Jalan Peta no. 215 Bandung ini memang menjadi titik yang lumayan strategis.

Setiap pemilik kendaraan di Bandung, mereka masih punya waktu untuk mendengarkan info produk walau sedikit. Lain halnya dengan warga Jakarta yang sebagian besar tak mau ambil pusing.

Aegon sendiri adalah bengkel yang memanfaatkan lahan seluas 150m persegi. Bengkel yang buka dari jam 8 pagi dan tutup jam 16.30 sore ini tiap harinya dihampiri lebih dari 40 unit kendaraan.  Kalau sedang ramai, weekend misalnya, bisa mencapai 70 kendaraan. Hari libur dan Minggu bengkel ini tutup.

Untuk warga Bandung, bagi pengguna Kijang Kapsul, tipe TOP 1 yang paling laris adalah varian TOP 1 HP 20W-50 yang memang sesuai dengan spesifikasi mesin konvensional semisal Toyota Kijang, Corolla, Baleno, Daihatsu Taruna dan lainnya. 

Namun untuk mobil-mobil yang lebih baru dengan teknologi VVTI, seperti Toyota New Avanza, Xenia, Vios, Kijang Innova dan Camry, kemudian mesin berteknologi i-VTEC seperti Honda Jazz, City, Civic dan Accord, banyak juga yang menuang pelumas yang lebih encer yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobilnya. Varian yang banyak diminta pelanggan, yakni TOP 1 HP Plus 10W-40 dan TOP 1 HP Plus 10W-30. Selain oli mesin, Aegon juga kerap menjual pelumas roda gigi transmisi dan power steering. Para pelanggan kini memang sudah puas dengan mutu TOP 1.  Mereka berpendapat bahwa TOP 1 sudah mengalami banyak perubahan dan peningkatan yang sangat pesat. Untuk menjaga kepuasan pelanggan, Aegon juga memiliki perangkat yang lumayan komplit, seperti mesin ATF Changer juga telah mereka miliki. Semua pendukung kegiatan ganti oli sudah tersedia.