Senin , 13 Januari 2014

Bengkel Khatulistiwa: Menjaga Kepuasan Konsumen


Usaha yang terus bertahan bahkan sejak krisis 1998 bisa dilakukan dengan terus memberikan yang terbaik buat konsumen. Itulah yang dilakukan bengkel bernama Khatulistiwa yang terletak di Jalan Pemuda, Gunung Pring Muntilan, Magelang. Eva Sofiyana bersama Supriyanto mengelola usaha keluarga ini dimulai dengan pergantian manajemen, termasuk bicara langsung dengan konsumen dan menjelaskan tentang produk.

Jelaskan kode dan API ke konsumen

Eva mengaku saat bertemu konsumen lebih ke product knowledge, sementara suaminya merangkap mengarahkan mekanik. Selama ini konsumen yang percaya pada mereka diakui langsung setuju dengan pilihan oli TOP 1 yang disarankan.

Apalagi kalau dengan penjelasan sedetail itu biasanya mereka langsung pakai. Misalnya oh ini viskositasnya 5W-30. Kita bandingkan API service-nya oli yang satu dengan oli yang lain. Dengan begitu orang tahu, tambah Eva yang pada saat wawancara sebenarnya sedang masa pemulihan pasca-operasi. API sendiri adalah kependekan dari American Petroleum Institute atau standar dalam oli. Misalnya, kode SJ untuk mesin generasi 2001 atau SF untuk mesin generasi 1988 dan sebelumnya. Kami mengerjakan mobil dan motor. Mobil keluarga, mobil niaga. Kalau di sini 10W-40 laku banget. Di toko kami yang berusaha kami tawarkan memang cuma TOP 1. Produk TOP 1 komplit, tambahnya.

Khatulistiwa selalu menjual produk yang bagus yang kepada konsumen. Eva berujar, mereka tidak mau yang asal murah. Nanti yang sudah jadi langganan malah pergi. Kalau TOP 1 kan kepuasan konsumen yang dijaga.