Kamis , 1 Januari 2015

Bengawan Motor: Bengkel Spesialis Komunitas Volvo


Mulai berdiri sejak tahun 1999, bengkel Bengawan Motor sudah khusus menangani perbaikan mobil-mobil Volvo. Sejak saya sekolah teknik mesin, saya ditempatkan praktik di bengkel yang khusus menangani mobil-mobil Volvo dan Peugeot, ujar Goffar, pemilik bengkel Bengawan Motor. Jadilah hingga kini Ia sangat fasih terhadap seluruh keluhan mobil Volvo pelanggan yang datang ke bengkelnya.

Bengkel yang berlokasi di daerah Jeruk Purut, Jakarta Selatan ini kini telah memiliki 12 orang mekanik. Goffar menyebut, mulai dari servis rutin, perbaikan ringan, turun mesin, body repair, hingga merubah transmisi manual ke transmisi otomatis, semuannya bisa kami kerjakan. Selain itu, bengkel Bengawan Motor juga menjual beberapa aksesoris orisinal khusus mobil-mobil Volvo seperti tutup dop velg, dan lainnya.

Menurut pria yang pernah merestorasi Volvo P1800 ini, biaya yang dibutuhkan untuk merubah transmisi dari manual ke otomatis tidak terlalu mahal, sekitar Rp 7,5 jutaan saja. Proses pengerjaannya pun tidak lama, cukup 1 hari saja. Sementara itu biaya untuk pengecatan hanya Rp 6-7 jutaan saja.

Kami juga melayani jasa restorasi mobil Volvo tua, ujar Goffar. Ini tidak main-main, saat ini di bengkelnya telah terparkir dengan manis 1 unit Volvo Limousine yang ia bangun sendiri. Selain itu terdapat juga 1 unit Volvo station wagon yang terlihat begitu terawat menggoda mata setiap pelanggan yang datang ke bengkelnya.

Pria yang sangat ramah dan sangat memahami seluk-beluk teknis seluruh mobil Volvo itu mengatakan, kami juga memiliki diagnostic tools komputer yang dapat mendeteksi seluruh permasalahan kendaraan (DICE), kami juga bisa meng-update software pada ECU kendaraan Volvo.

Goffar juga menyebut bahwa saat ini bengkelnya melayani jasa perbaikan di luar kota. Saat ini Ia mengaku tengah melayani pelanggannya yang ingin merubah transmisi Volvo miliknya dari manual ke otomatis di Semarang. Ke depannya, pria asal Sragen itu berencana untuk membuka cabang di kota lain.