Rabu , 17 Mei 2017

Mengenal Wheel Adaptor dan Wheel Spacer


Pelek menjadi salah satu hal yang mampu mendongkrak penampilan. Namun kadang keinginan kita terbentur pada ketersediaan desain dan juga kontruksi pelek. Terkadang pelek yang kita inginkan tidak memiliki ukuran yang pas dengan mobil kita. Hal yang sering dijumpai adalah perbedaan offset dan juga PCD (pitch centre diameter) dari pelek tersebut.

Supaya pelek idaman dapat terpasang dengan baik, maka dibutuhkan ‘mak comblang’ supaya sepatu mobil ini dapat terpasang sesuai dengan yang kita inginkan. Dua jenis mak comblang itu adalah wheel adaptor dan wheel spacer. Sekilas, keduanya memiliki perbedaan fungsi namun sebenarnya merupakan dua hal yang sangat berbeda.

“Wheel spacer dibutuhkan untuk menambah lebar wheel track (jarak antara roda kiri dan kanan) belaka, sedangkan wheel adaptor, selain memberikan tambahan wheel track, namun juga menjembatani perbedaan PCD dari pelek dengan baut roda di mobil,” jelas Enyo Sidarto, dari Yours Fabrication.

Dari segi dimensi, wheel space lebih tipis dibandingkan dengan wheel adaptor. Ukuran ketebalannya berkisar 0.5 cm hingga 1 cm saja. Pemasangannya cukup diganjalkan antara pelek dan baut penopang roda. Dengan demikian jarak antara roda kiri dan kanan sedikit menjadi lebih lebar. Karena hanya sebagai selipan belaka, maka Enyo mengatakan bahwa wheel spacer tidak boleh terlalu tebal karena akan berpotensi membuat roda menjadi lebih rentan dan berdampak pada kestabilan.

Berbeda dengan wheel adaptor. Perangkat ini memiliki lobang baut khusus untuk mengikat badannya pada sistem roda mobil dan dilengkapi dengan baut output untuk mengikat rodanya. Baut output inilah yang kemudian dapat diubah sesuai dengan PCD pelek yang diinginkan.

Karena terikat dengan baut, Enyo mengatakan bahwa wheel adaptor relatif lebih aman dibandingkan dengan wheel spacer. Namun demikian untuk mendapatkan tingkat keamanan yang prima, wheel adaptor harus presisi dan balance. Dari segi harga sudah pasti Wheel Adaptor dibanderol lebih mahal dibandingkan wheel spacer.