Jumat , 13 Agustus 2010

Bahagia Motor: Dari Truk Hingga Golf Car


Diversifikasi bisnis memang harus dilakukan bila ingin menambah pundi-pundi pendapatan sebuah perusahaan. Seperti halnya yang dilakukan H. Eric Anwar Jamaludin, awalnya ia merupakan pebisnis dump truck dan rental alat berat yang melayani proyek-proyek pabrik dan perumahan di kawasan industri Cikarang. Sejumlah armada yang dimiliki tentu saja membutuhkan lahan parkir atau yang kerap disebut pool. Nah, lokasi pool inilah yang juga dimanfaatkan sang pemilik sebagai tempat maintenance seluruh kendaraan beratnya.

Dengan reputasi yang makin cemerlang seiring berjalannya waktu, akhirnya banyak perusahaan-perusahaan lain meminta PT. Mutiara Perkasa Bahagia ini untuk ikut  me-maintenance kendaraan mereka. Dari situ H. Eric mulai berfikir bagaimana bila ia membuka bengkel saja? Nah, akhirnya sekitar tahun 2000 Bahagia Motor didirikan. 

Spesialisasinya memang berawal dari truk-truk lansiran Mitsubishi, namun sejalan dengan per-kem-bangannya, akhirnya bengkel ini mulai menerima brand-brand lain dan tak hanya truk, namun sedan dan mobil-mobil kecil yang kebanyakan dimiliki sebagai kendaraan perusahaan-perusahaan di sekitar kawasan industri ini.

Untuk ukuran sebuah bengkel, Bahagia Motor yang buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore dan tutup di hari Minggu ini memang terbilang memiliki lahan yang sangat luas, di lahan hampir 7000 m persegi semua kegiatan dilakukan. 60 orang mekanik yang standby disana memang menjalankan tugas masing-masing mulai dari perbaikan mesin, body repair, klaim asuransi, pemasangan variasi baik interior, eksterior, kaca film hingga instalasi audio juga bisa dilakukan di sana. Kami memberlakukan sistem  flat rate hour bagi setiap pekerjaan yang dipegang tiap mekanik. Hal ini agar setiap penanganan bisa dilakukan dengan cepat, efektif dan efisien, ujar Supriyanto sang kepala bengkel.

Kapasitas bengkel ini memang sanggup menampung lebih dari seratus kendaraan. Terbilang ada 12 stall khusus untuk kendaraan kecil dan lahan luas di bagian belakang untuk perbaikan truk, forklift, excavator dan alat berat lainnya. Kamipun sempat terheran-heran melihat kelengkapan bengkel ini, sebab semua pekerjaan per-bengkelan ada di sana. Untuk urusan ringan saja bisa juga mereka lakukan, semisal spooring balancing, cuci steam dan salon mobil.

Berbicara tentang perawatan kendaraan, servis ringan hingga penggantian pelumas secara rutin memang menjadi hal yang mutlak. Seperti pengakuan Supriyanto, TOP 1 sendiri menjadi oli yang paling favorit dipakai oleh customer bengkel ini. Baik untuk kendaraan kecil maupun kendaraan besar.

Emergency Call

Pada dasarnya, ini adalah bengkel umum dan bukan hanya melayani kendaraan perusahaan. Jadi kami sediakan bermacam layanan, seperti servis antar jemput, home service dan emergency call 24 jam dan kami satu-satunya bengkel di kawasan ini yang memiliki mobil gendong, bangga Supriyanto yang eks mekanik Mitsubishi Bandung ini.