Selasa , 13 Maret 2012

Lebih Dekat Dengan BBM


Di saat seperti ini, menghemat bahan bakar minyak (BBM) adalah solusi cerdas. Banyak saran maupun tips untuk mengatasi penghematan BBM. Adapula beberapa mitos tentang bagaimana cara kita mengisi bensin kendaraan. Untuk mengetahui lebih dekat dengan BBM, berikut tips dan mitosnya.

Tips Hemat BBM

1. Isi bensin saat pagi hari

Semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin kental bahan bakarnya. Jika temperature mulai panas, maka bahan bakar akan mengembang. Jadi jika Anda mengisi bensin pada siang hari, maka bensin yang masuk dalam tangkin kendaraan Anda jauh lebih sedikit dibanding jumlah liter yang Anda beli.

2. Isi bahan bakar sebelum tangki kosong

Semakin banyak bahan bakar yang ada di tangki, maka semakin dekat udara di bagian tangki yang kosong. 

3. Perhatikan gaya berkendara

Kemacetan adalah pemicu stress pengendara, ini pula yang membuat konsumsi BBM bertambah. So, belajarlah untuk lebih bersabar dan mengontrol emosi untuk mengatasi kemacetan di jalan raya. Perhatikan RPM mobil saat mengemudi. Atur jarak dengan pengendara di depan, sehingga jarak pengereman dapat diminimalisir. 

4. Aplikasikan TOP 1 Power Booster

Produk aditif menjadi solusi untuk menekan konsumsi BBM. Salah satu contoh adalah TOP 1 Power Booster. Selain membersihkan seluruh sistem pembakaran secara sempurna sehingga performa kendaraan tetap maksimal, TOP 1 Power Booster juga dapat merawat mesin dan hemat BBM. 

Dengan sistem saluran bahan bakar yang bersih, pembakaran juga akan menjadi lebih sempurna dan lebih efisien. Selanjutnya, akan mengurangi emisi karbondioksida yang ditimbulkan oleh sisa pembakaran. 

Dengan pemakaian TOP 1 Power Booster, berarti Anda berpartisipasi mengurangi pemanasan global atau pencemaran yang makin meningkat di jalan raya.

5. Pilihan warna mobil

Pemilihan warna mobil ternyata berpengaruh pada penghematan bahar bakar. Hal itu dipertegas hasil penelitian Departemen Teknologi Energi Lingkungan Universitas Berkeley. Mereka menyatakan bahwa mobil-mobil berwarna cerah memiliki efisiensi bahan bakar 2 persen lebih baik dibandingkan mobil berwarna gelap.

6. Mitos Pengisian BBM 

Mengisi bensin adalah sesuatu hal yang mudah dilakukan, tinggal putar tutup tangki dan isi bensin. Ternyata tak hanya itu. Di masyarakat pun beredar sejumlah mitos mengenai cara mengisi bensin. Konon kalau itu dilanggar Anda akan mengalami rugi. Benarkah?

Mitos pertama, adalah mengisi bensin di pagi hari jauh lebih baik daripada siang hari. Menurut situs autoevolution, panas akan membuat bensin menguap dan akhirnya membutuhkan lebih banyak ruangan di dalam tangki. Jadi kesimpulannya? Mengisi bensin di saat udara dingin, seperti pagi hari atau malam, temperaturnya lebih rendah dan lebih banyak bensin daripada uap bensinnya.

Mitos kedua. Beberapa orang mengatakan lebih baik mengisi tangki bensin penuh daripada mengisi secara rutin bensin dalam beberapa waktu dengan jumlah yang sedikit. Ada dua penjelasan untuk ini, namun hal itu tergantung pada risiko mana yang akan anda pilih. Pertama, makin sedikit bensin di dalam tangki, berarti lebih banyak udara. Hal ini akan membuat mobil lebih boros mengonsumsi BBM karena penguapan dari bensin yang tersedia. Sebagai tambahan, dikatakan kalau mengisi bensin dalam rentang waktu yang pendek akan membuat fuel pump dan saringan gampang rusak.

Namun sebaiknya kita mengisi tangki bensin sesuai saran yang disampaikan pabrikan. Jika Anda melakukan ini, akan merusakkan sensor di tangki dan juga akan membuat beban mobil bertambah dan akhirnya mengurangi performa mobil. Selain membuat mobil tambah berat, bahan bakar berlebih juga akan menyebabkan tambahan uap udara yang akan membuat bensin lebih gampang menguap.

Mitos ketiga. Hindari mengisi bensin ketika truk BBM tengah mengisi bensin di SPBU. Mitos ini memang benar. Selain rawan terbakar, Anda akan terhindar dari semua debu atau partikel yang berada di dasar pompa bensin tersedot masuk ke dalam mobil. Jika partikel ini masuk ke tangki bahan bakar maka bisa merusak saringan dan pompa bensin.