Kamis , 24 Agustus 2017

Apa Hebatnya Transmisi Honda Civic Hatchback?


Honda Civic Turbo Hatchback baru saja lahir di Indonesia pada Juni 2017 lalu. Mobil ini menggendong mesin mungil 1.500 cc empat silinder dengan turbo.

Konfigurasi mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 173 PS dengan torsi 220 Nm. Tenaga itu cukup besar untuk mobil-mobil di segmennya. Namun bagaimanakah transmisi yang digunakan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda?

Honda memilih transmisi CVT 6 percepatan untuk disandingkan dengan mesin tersebut. Memang pilihan transmisi ini dikatakan akan menghilangkan kesenangan berkendara, apalagi Civic dikenal sebagai sebuah sedan sporty dan kini hadir dengan mesin yang memiliki tenaga besar seperti itu.

Namun transmisi CVT ini diklaim lebih memberikan kehalusan saat berkendara dan respons yang lebih baik dibanding transmisi otomatis konvensional. Selain itu penggunaan CVT ini juga tidak serta merta membuatnya terasa lambat karena ia mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,7 detik.

Selain itu, Honda juga menjanjikan mobil ini tetap memberikan keasyikan dari transmisi CVT karena bisa dipindah menjadi mode manual yang perpindahan giginya dilakukan melalui paddle shift yang ada di lingkar kemudi.