Senin , 13 Januari 2014

Adam Motor: Bengkel Luar Biasa di NTT


Mengawali bisnis angkutan umumnya yang dirilis sejak 1991 mengalami stagnasi, pada tahun 1999, H. Harto Hamid akhirnya memutuskan untuk banting setir untuk membuka bengkel mobil dan motor. Saat itu, saya melihat bisnis angkot yang dimiliki ayah saya, H. Abdul Hamid, sepertinya kurang berkembang. Makanya, saya alihkan jadi bisnis bengkel sampai sekarang, kenang H. Harto yang lantas mencium adanya peluang besar pada bisnis perbengkelan.

Meski tak punya latar belakang pendidikan tehnik mesin, namun Haji Harto punya keyakinan bahwa bengkelnya akan berkembang dibanding usaha angkutan umum. Dan ternyata, keyakinan ini berbuah manis. Bengkel yang diberi nama Adam Motor ini berkembang pesat hingga sekarang. Bahkan, Haji Harto telah mempekerjakan 8 orang yang telah diberikan pelatihan tehnik. Tak hanya itu, untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya, pria kelahiran Bone, 40 tahun lalu ini, telah bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam kegiatan praktek kerja industri khususnya siswa-siswa yang memiliki keahlian dalam bidang teknik sepeda motor.

Jalan Ahmad Yani, Oebesa-Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, memang bukanlah lokasi yang strategis bagi Adam Motor. Karena, di sepanjang jalan ini, ada beberapa bengkel lain yang juga menjaring konsumen mobil maupun motor. Namun, berkat ketekunan Haji Harto sebagai pemilik dan pelayanan memuaskan yang diberikan karyawannya, membuat Adam Motor terus berkembang pesat. Menjamurnya bisnis bengkel di daerah ini, bukanlah sebagai hambatan. Justru kehadiran bengkel-bengkel baru tersebut sebagai penyemangat dan tantangan bagi kami, ujar H. Harto.

Ketika ditanya soal prestasi, sebagai pemilik Adam Motor, Haji Harto enggan untuk mengungkapkannya. Ia hanya menjawab bahwa prestasi bengkelnya belum seberapa dibandingkan dengan bengkel-bengkel rekanan TOP 1 lainnya. Ia mengaku, pelanggan bengkelnya banyak menggunakan oli TOP 1 Zenzation dan HP Plus untuk mobil. Sedangkan konsumen sepeda motor banyak mendominasi pemakaian oli TOP 1 SMO MC 20W-50. Tak hanya itu, pelanggan Adam Motor juga banyak mencari produk Topindo lainnya seperti busi DURATION dan TOP 1 Brake Fluid. Soal prestasi, kami memang belum punya. Akan tetapi, kami bangga Adam Motor disebut bengkel luar biasa di NTT tutup H. Harto merendah.