Kamis , 1 Januari 2015

KS Nusa: Bengkel Offroad Legendaris


Sekilas jika dilihat dari luar mungkin anda hanya akan melihat fasilitas cuci mobil dan showroom motor di lokasi bengkel KS Nusa, tetapi kalau Anda masuk ke dalamnya, barulah Anda akan melihat yang semuannya.

Iya itu yang di depan punya orang, sewa tempat di kita, kalau kita sendiri ada di dalam. Kami spesialis mobil-mobil SUV all-wheel drive, ujar pemilik KS Nusa, Kemal Agusmula Bachrie. Dua puluh tahun lamanya sudah KS Nusa berdiri, awalnya hanya diler resmi untuk Chrysler dan Jeep. Kemudian diadakan penambahan fasilitas yaitu service dan suku cadang.

Tidak lama setelah itu terjadilah krisis ekonomi di tahun 1998, nilai tukar dolar naik dan penjualan mobil menurun drastis. Lisensi resmi diler pun dicabut, alhasil usaha Kemal hanya tinggal bengkel untuk service dan sparepart.

Berangkat dari situlah, dia kemudian lebih memfokuskan usahanya pada dua hal tersebut. Dengan pengalaman menjadi bengkel resmi Jeep dan Chrysler, dan juga hobi mengutak-atik mesin, akhirnya usahanya terus berjalan sampai sekarang.

Bahkan saat ini bengkel KS Nusa milik kemal bisa dibilang sebagai yang terbaik di kelasnya. Ada dua fasilitas utama di bengkel yang terletak di jl. Pramuka, Jakarta Timur tersebut, pertama adalah service rutin, dan kedua adalah development yang khusus melakukan penyetelan mesin mobil.

Biasanya setiap kendaraan ingin mengikuti balap off-road, wajib hukumnya untuk melakukan penyetelan mesin di sini sebelum bertanding. Pelanggannya bukan hanya dari Jakarta ataupun pulau Jawa, bahkan sampai ke Kalimantan.

Selain itu di bengkel KS Nusa juga terdapat fasilitas Dyno untuk mengecek secara real time torsi dan horsepower sebuah mobil. Setiap bulannya kira-kira ada delapan puluh kendaraan yang masuk untuk dyno di sini, ujar pria yang masih turun untuk ikut memperbaiki mobil-mobil pelangganya tersebut. Memang dasarnya hobi jadi seneng aja, saya bisa ngelas, semua perbaikan yang dilakukan di KS Nusa saya bisa lakukan, tutupnya.