Sabtu , 26 Agustus 2017

AC Mobil Ternyata Tak Perlu Harus Non-aktif Ketika Mesin Mati


Banyak angapan yang mengatakan bahwa AC wajib hukumnya untuk di-non aktifkan setelah mobil berhenti dan mesinnya mati. Sebab, jika membiarkan AC pada posisi aktif dianggap akan memberatkan kerja mesin ketika mulau menyala.

Apakah hal itu benar? "Mematikan AC sebelum menghidupkan maupun mematikan mobil sebenarnya hanya berlaku pada mobil-mobil tahun produksi tua. Untuk mobil di atas tahun 2000, rasanya tidak perlu dilakukan, ujar Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Workshop Department, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

Menurutnya ini terkait dengan teknologi pada mobil era sekarang yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat menyalurkan tenaga listrik secara efisien. Sebab, dalam buku pedoman pemilik kendaraan bahkan sebenarnya juga tidak diharuskan untuk melakukan hal tersebut.

Jadi walau AC mobil walau masih model kenop putar maupun berfitur auto climate, tak perlu khawatir untuk segera non-aktifkannya, terutama jika mobil Anda merupakan keluaran terbaru.