Kamis , 1 Januari 2015

Tetap Makmur Walau Bengkel Menjamur


Menjamurnya jumlah bengkel sepeda motor di Indonesia semakin meningkatkan level persaingan usaha di antara sesama bengkel sepeda motor. Namun hal ini sebetulnya tidak perlu disikapi secara negatif. Pasalnya, pertumbuhan jumlah sepeda motor di Indonesia sangatlah pesat. Bahkan, Muhammad Abidin, GM Service dan Motorsports, Yamaha Indonesia mengaku bahwa jika hanya mengandalkan bengkel resmi Yamaha sendiri, mereka tidak akan mampu mengakomodasi kebutuhan pelayanan dan perbaikan seluruh sepeda motor Yamaha yang ada di Indonesia.

Itulah sebabnya menurut Abidin, bengkel umum adalah mitra bagi bengkel resmi. Kami menggelar kegiatan pelatihan teknis secara rutin untuk bengkel-bengkel umum,jelas Abidin. Bahkan kami pun sering memberikan alat seperti diagnostic tool secara gratis untuk bengkel umum, lanjutnya.

Tak hanya Yamaha, Honda juga memberikan pelatihan bagi para mekanik bengkel umum. Handy Hariko, senior manager technical training department, Astra Honda Motor, menyampaikan, Kami memiliki program yang membantu meningkatkan kompetensi mekanik di bengkel umum.

Sekarang ini pun sudah banyak bengkel umum yang memiliki fasilitas dan kualitas pelayanan yang setara atau bahkan lebih baik dari standar pelayanan bengkel resmi. Mungkin ini karena tidak sedikit dari para mekanik atau pemilik bengkel umum itu, sebelumnya pernah bekerja untuk bengkel resmi. Sehingga tak cuma mampu memberikan kualitas pelayanan sebaik bengkel resmi, namun mereka juga memiliki kompetensi yang sama dengan standar kualitas teknisi bengkel resmi.

Selain itu, bengkel umum memiliki pilihan suku cadang yang lebih bervariasi. Sejumlah bengkel umum pun berani memberikan jaminan jasa dan garansi suku cadang selama periode tertentu. Bahkan bengkel umum ini pun juga bisa menjual suku cadang asli bawaan pabrikan.

Hanya memang walaupun sedikit, ada saja bengkel umum yang masih berbuat nakal dengan menjual suku cadang palsu dengan harga suku cadang asli. Bengkel umum kecil juga biasanya belum dilengkapi dengan alat berat sehingga hanya bisa melakukan perbaikan ringan atau hanya sekedar perawatan berkala seperti ganti oli.

Tetapi tidak sedikit juga bengkel umum yang tak hanya mampu melakukan perbaikan berat, namun mereka juga mampu melakukan modifikasi kendaraannya. Tetapi perlu diketahui bahwa perubahan yang dilakukan oleh pemilik kendaraan terhadap kendaraannya itu bisa menghilangkan garansi mesin dari pabrikan.

Bengkel umum juga banyak yang dijadikan sebagai bengkel rekanan sejumlah komunitas motor. Bengkel komunitas ini biasanya dipilih lantaran para mekaniknya lebih paham dengan permasalahan jenis motor tertentu saja. Justru komunitas ini bisa menguntungkan bengkel karena akan mempromosikan bengkel langganannya ini secara gratis kepada forum anggota komunitasnya lantaran pelayanannya yang baik ataupun kualitas perbaikannnya yang baik.

Banyak juga bengkel yang memberikan promo gratis biaya jasa kepada pelanggan setianya. Cara ini dilakukan untuk menjaga hubungan baik antara pelanggan dengan bengkel. Hubungan baik antara bengkel dengan pelanggannya ini akan membuat bengkel umum tetap makmur walau bengkel-bengkel lain menjamur.