Jumat , 13 Januari 2012

Surya Motor: Berdiri Karena Peluang


Berawal dari bisnis penjualan spare part yang lengkap 10 tahun lalu, kini berkembang menjadi bengkel mobil, dengan nama Surya Motor. Ketertarikan sang owner, Suryani untuk membuka toko spare part dan bengkel di kawasan itu, lantaran ia melihat peluang yang ada. 

Padahal Suryani sendiri awalnya tidak mengerti apapun soal seluk beluk dunia otomotif, awalnya saya lihat peluang, di daerah sini belum ada toko spare part dan bengkel. Padahal saya sendiri nggak mengerti masalah bengkel, jadi sambil buka usaha, sambil belajar, ia mengawali pembicaraan.

Sejak pertama buka, ia harus menunggu 6 bulan sampai setahun lamanya untuk bisa membuat bengkelnya itu ramai pengunjung. Kini, bengkelnya itu selalu ramai oleh pelanggan. Hal itu lantaran, harga service di bengkel yang bisa menampung 6 unit mobil ini, bisa dikatakan lebih murah jika dibandingkan bengkel lain yang berada di kawasan itu. Biaya service di sini lebih murah, misalnya kalau di bengkel lain itu Rp 150.000, kita kasih harga setengahnya, Rp 75.000. Pokoknya diusahakan di bawah pasaran bengkel lain deh, ujarnya sedikit berpromosi.  

Produk TOP 1 Paling Laris

Dan untuk perawatan ganti oli, bengkel yang mempekerjakan 4 orang mekanik ini, tidak menarik biaya tambahan lagi selain biaya pembelian olinya saja. Menurut Suryani, spesialisasi dari bengkel itu memang pada perawatan ganti oli. Dan produk oli keluaran TOP 1, termasuk banyak dicari pelanggan. Adapun oli Top 1 yang paling laris di Surya Motor adalah TOP 1 HP Plus 10W-30 dan 10W-40. 

Bengkel yang beroperasi dari pukul 7.30 hingga pukul 17.30 ini, buka setiap hari, dan tidak ada hari libur. Bahkan di saat weekend sekalipun, bengkel ini tetap buka. Menurut Suryani justru di saat weekend itulah, bengkel dipenuhi pelanggan, di hari libur bengkel lebih rame. Karena pelanggan kita orang kantoran yang baru sempat ke bengkel hari Sabtu dan Minggu, terangnya.   

Pelayanan Maksimal

Selain itu, satu hal yang juga menjadi kunci keberhasilan dan bertahannya bengkel ini adalah, pelayanan maksimal kepada pelanggan. Surya Motor selalu berusaha mengikuti kemauan pelanggan, karena prinsipnya, pelanggan adalah raja. Untuk harga pun, bisa negotiable, tergantung permintaan pelanggan. Kita sama konsumen nggak perhitungan. Kita nurut saja maunya mereka. Yang penting kita kasih service lah, papar Suryani.