Kamis , 1 Januari 2015

Moge di kalangan selebriti Indonesia


Dimensinya yang besar, performa yang kencang, bentuknya yang menarik, dan nilai eksklusivitas yang tinggi, sukses menjadi memikat hati kalangan selebriti. Di luar negeri, mulai dari artis hollywood seperti Tom Cruise, sampai pemain sepak bola, David Beckham, kepincut dengan sepeda motor gede (moge).

Begitupun di Indonesia, sejumlah moge populer dari Harley-Davidson, Ducati, sampai Kawasaki Ninja, kini telah menjadi mainan mereka. Namun jangan salah, bagi sebagian selebriti berikut, moge bukanlah sekedar menjadi alat untuk gagah-gagahan saja, tetapi sudah merupakan bagian dari gaya hidup mereka. Bahkan tidak sedikit yang sampai aktif dalam komunitas dan rela mengikuti kegiatan touring antar kota yang melelahkan.

Lihat saja apa yang dilakukan oleh aktris Luna Maya bersama sepeda motor BMW GS 650. Di sela-sela kesibukannya, Luna masih menyempatkan diri untuk mebawa serta moge bermesin 600 cc dari Jakarta menuju Bandung bersama rekan-rekannya dari BMW Motorrad.

Beberapa selebritis lainnya pun sering tertangkap kamera sedang menunggangi moge kesayangannya seperti Ferry Maryadi, Juna Rorimpandey, dan masih banyak lagi. Bahkan bagi komedian senior Indro Warkop, jiwa biker-nya dengan percaya diri ia tuangkan lewat caranya berpakaian. Indro kerap tampil di televisi menggunakan kaos dengan jaket berbahan jeans lengkap dengan penutup kepala khas gaya berpakaian biker sejati.

Tidak sedikit pula selebriti yang aktif menjadi pengurus di komunitas moge. Gunawan Sudrajat misalnya, aktor pengguna moge Ducati ini pernah menjadi bagian dalam kepengurusan Ducati Desmo Owners Club Indonesia (DDOCI). Selain Gunawan Sudrajat, aktor Ari Wibowo juga diketahui memiliki sejumlah moge Ducati.

Sayang Ia bersama salah satu moge miliknya yaitu, Ducati Multistrada 1200 Touring keluaran tahun 2012, sempat mengalami insiden maut saat menyenggol seorang kakek yang sedang menyapu jalan. Padahal sepeda motor bermesin 1,2 liter seharga Rp 470 juta miliknya itu tergolong itimewa. Sepeda motor yang bertenaga 150 hp dengan torsi puncak 125 Nm itu hanya ada 3 unit di seluruh Indonesia. Ari juga pernah terlihat sedang mengendarai Ducati Superbike 999.

Insiden yang dialami oleh Ari wibowo bukanlah yang pertama, sebelumnya sudah ada aktor legendaris Sophan Sophian yang tewas dalam sebuah kecelakaan ketika sedang melakukan touring dengan moge miliknya bersama dengan komunitasnya.

Sebetulnya, moge di Indonesia sudah lama digandrungi banyak kalangan tidak hanya dari kalangan seniman saja. Sebut saja aktor sekaligus politikus Adjie Massaid, Ustadz Jeffri, sampai ke presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto.

Berbeda lagi dengan Raffi Ahmad. Presenter muda itu memiliki banyak koleksi moge. Mulai dari Triumph hingga Can-Am Spyder pernah ia miliki. Ia juga tergabung dalam komunitas moge Ridiss Biker Boys bersama seorang selebriti lain yaitu, Adi Nugroho. Keduannya pernah melakukan touring bareng dengan tujuan Malang Bali pada tahun 2012 lalu.

Citra geng motor saat ini memang kurang baik, tetapi saya dan teman-teman dari komunitas ingin memberikan citra positif bagi komunitas roda dua. Touring ini tidak cuma kami jadikan sebagai hiburan semata, tetapi kami juga melakukan kegiatan bakti sosial ke sejumlah panti asuhan, ujar Raffi Ahmad ketika itu.

Semoga saja harapan Raffi bisa terwujud. Para selebriti dapat aktif di dalam komunitas roda dua untuk memberikan citra positif sikap teladan bagi pengendara sepeda motor di tanah air.