Jumat , 16 Desember 2016

Fajar Makmur: Pasar Kalteng Berbeda Dari Jakarta


Persaingan bisnis otomotif di Kalimantan Tengah berbeda dengan Jakarta. Di Jakarta, pelanggan lebih menyukai mobil penumpang yang sanggup menampung banyak penumpang. Sedangkan, pelanggan di Kalimantan lebih menyukai mobil komersial (pick-up, double cabin, dan truk) karena kondisi lingkungan yang lebih didominasi perkebunan, pertanian dan pertambangan.
Di sudut kota Kotawaringin Timur, Kalteng, ada salah satu toko grosir suku cadang produk otomotif yang selalu ramai dikunjungi yaitu Toko Grosir Fajar Makmur. Toko grosir itu menjual berbagai macam kebutuhan dan cuku cadang mobil komersial seperti pelumas, ban, perangkat elektronik, aksesoris, audio dan lain-lain.
“Kami lengkap semua tergantung pelanggan, mau cari apa. Biasanya, mereka ganti oli dan ban,” kata Yuliansyah, Kepala karyawan Fajar Makmur. Yuliansyah mengatakan pelayanan dan harga menjadi nilai terpenting dalam menjual produk otomotif grosiran. Fajar Makmur menjual barang-barang dengan harga terjangkau terutama untuk produk fast moving seperti oli dan ban serta cepat.
“Pelanggan itu, kalau beda Rp 5 ribu saja bisa pindah dan cari ke toko sebelah. Jadi, harga jualnya harus pas. Di kantong pelanggan pas, kita juga pas jadi tidak ada yang rugi,” katanya.
“Banyak juga pelanggan yang membeli barang secara lusinan karena kita grosiran. Jadi, lebih baik untung sedikit tapi barang cepat terjual sehingga perputaran uangnya cepat,” katanya. “Pelayanan juga harus cepat karena pelanggan paling malas menunggu. Jadi, kecepatan penting,” ujarnya.
Mobil yang paling banyak mampir ke Toko Fajar Makmur adalah Mitsubishi Colt Diesel. Fajar Makmur sendiri sudah berdiri pada tahun 2000-an. Oli TOP 1 tetap menjadi pilihan masyarakat di Kalteng. Biasanya, mereka membeli oli TOP 1 MC dan TOP 1 HP.

---

Bengkel Fajar Makmur
Jl. Rahadi Usman, Kotawaringin Timur
Kalimantan Tengah