Minggu , 13 Januari 2013

Speed Creed: Wadah Buat Penghobi Mobil Sport


Puas rasanya bisa melihat langsung mobil-mobil sport hingga eksotis berkumpul di depan mata. Mobil dari merek legendaris berkumpul, seperti Nissan GT-R, Porsche, Lamborghini dan Ferrari tergabung dalam wadah bernama Speed Creed.

Kami pun diwanti-wanti untuk tidak menyebutnya sebagai klub. Karena pada dasarnya secara kuantitas dan kualitas mereka lebih menjadi sebuah wadah. Di mana yang menaungi klub-klub penyuka dan penghobi sekaligus pemilik mobil bertampang tajam dengan suara galak ini.

Dulu orang beranggapan bahwa Speed Creed adalah komunitas. Oleh karena itu, saat ini kami mencoba mengedukasi kepada mereka bahwa kami adalah wadah penghobi sport cars. Salah besar jika Speed Creed dianggap komunitas atau klub. Istilahnya, Speed Creed adalah HIPMI versi otomotif, ujar Willy Hadiwijaya, Vice President Speed Creed.

Karena menjadi penaung, tak asing jika klub-klub besar tergabung di dalamnya. Di antaranya MOCI (M Owners Club Indonesia), GOCI (GTR Owners Club Indonesia), Lamborghini Club Indonesia (LCI), Ferrari Owner Club (FOCI), SCCI (Super Cars Club Indonesia), Nu Volks, hingga Indonesia Mini Club.

Pada awalnya, mereka yang notabene adalah para penghobi dan pemilik mobil-mobil sport di Jakarta kerap berkumpul. Di mana untuk meluapkan hasrat mereka, tentunya terhadap kecepatan, dan tak hayal melampiaskannya di jalanan.

Awalnya kita sering cruising dan convoy di Jalan tol Jagorawi. Ditambah sedikit balapan kecil. Makanya kita lakukan pada malam hari saat jalan tol tersebut sepi, tambah Willy. Speed Creed dibentuk oleh Michael Luhukay (President), Willy Hadiwijaya (Vice President), Jo Fajito (Director of Photography), dan Muhammad Balbed (Executive Contributor).

Dalam perkembangannya menjadi wadah yang besar, Speed Creed kerap dijadikan referensi oleh para penghobi sports car lainnya. Speed Creed pun mempunyai aturan yang tegas bagi para komunitas sports car yang bernaung di bawah payung mereka. Termasuk member-member yang antara lain terbagi dalam Silver dan Gold.

Wadah yang mengedepankan tagline Speed, Passion, Lifestyle ini pun mencoba berekspansi dengan membuat divisi-divisi. Di antaranya seperti event organizer dan media team.

Misalnya saja, pada November 2012 lalu, tim media Speed Creed diundang oleh SCCI. Dan SCCI ini sebuah klub baru yang digawangi supercar Eropa seperti Lamborghini Aventador dan Ferrari 458 Italia. Dan undangan ini untuk melakukan semacam tur Jakarta-Bandung yang diinisialkan Bandung Run. Sehingga jalur tol Cipularang terasa bergemuruh ketika konvoi mobil-mobil pipih ini lewat.

Namun di tengah ajang bergengsi, tak tertutup pula hati mereka untuk terketuk tatkala Jakarta sempat dihajar banjir besar pada akhir Januari lalu. Melalui Creeders care donation event. Give unused clothing, food and books to those affected by the floods in Jakarta.

Kami berkumpul di McDonalds Plaza Sentral, Sudirman, pukul 06.00-09.00 untuk mengumpulkan donasi. Bagi member, membawa sport car tidak diharuskan dalam event ini. Kenakan Speed Creed T-Shirt saat pembagian donasi to show some Speed Creed spirit, demikian ajak mereka kepada member-member di wadah tersebut, akhir Januari lalu. Well, wadah yang besar adalah wadah yang juga berbagi.