Selasa , 18 Juli 2017

Jambi Motor : Buah Hasil Perantauan


“Awalnya kami buka usaha bengkel motor, sedangkan pelayanan untuk mobil sebatas ganti oli. Seiring berjalan waktu, pelayanannya kami tingkatkan,” kata Yanto. Jadilah hingga sekarang, Yanto telah memiliki bengkel yang beroperasi secara lengkap.

Dengan dibantu oleh tiga orang montir terlatih, pelayanan dasar seperti tune-up, ganti oli, hingga ganti kampas rem dapat bengkel ini layani. Yanto mengaku, dalam seminggu mereka biasa mendapatkan empat hari di mana bengkel ramai dikunjungi.“Selain itu, biasanya ramai kalau menjelang mudik,” katanya. Selain dari konsumen umum yang berada di wilayah Bogor, Yanto juga memiliki pelanggan tetap.

Kawan-kawannya dari perantauan yang dulu bekerja sama di bisnis sandal dan sepatu juga sudah mempercayakan kendaraan-kendaraan mereka dirawat oleh bengkel yang berlokasi di Jalan Muara Asri No. 38 ini. “Dari mobil pribadi sampai mobil niaga, mereka rutin datang tiap bulan,” kata Yanto.

Enam belas tahun berkecimpung menjalankan bisnis layanan otomotif, Yanto Go mengaku selalu memberikan referensi jenis oli kepada pelanggannya. Sebagai bengkel yang menjalin kerjasama dengan oli TOP 1, Yanto pun mengaku puas dengan kualitas pelumas dari merek oli terkemuka itu. “Kalau mobil terbaru, kita kasih referensi oli TOP 1 EVOLUTION. Kita harus sesuaikan, untuk mobil baru harus oli yang encer,” kata Yanto.

Persoalan oli memang sering menjadi masalah utama yang ditemui Yanto. Ia mengaku banyak konsumen yang masih belum paham pentingnya mengganti oli secara berkala. “Padahal oli yang lama tidak diganti bakal berdampak ke mesin. Dari mulai tarikan yang melambat, suara mesin yang berubah, hingga asap hitam yang muncul dari knalpot,” kata Yanto, menjelaskan.

Lahan bengkelnya yang luas membuat Yanto juga berinisiatif menyediakan beragam spare part kendaraan. Dari mulai ban, filter oli, knalpot sampai spion disediakan di bengkel ini. Demi memanjakan konsumen, layanan free wifi juga dapat pelanggan nikmati sembari menunggu kendaraan selesai dilayani. “Kami ingin konsumen dapat betah di bengkel ini,” kata Yanto.

JAMBI MOTOR

Jalan Muara Asri No. 38, Bogor