Jumat , 23 Desember 2016

Surya Jaya Motor: Asal Jangan Terlalu Mahal


Warga Bojonegoro pasti sudah mengenal dengan pusat grosir suku cadang dan bengkel sepeda motor Surya Jaya Motor yang berada di Jl. Gajah Mada, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur. Bengkel itu berdiri pada tahun 2000 dengan jumlah pegawai hanya satu orang yaitu sang pendiri Alif Pranoto. Seiring berjalannya waktu, bengkel Surya Jaya Motor mulai terkenal dan pemintaan barang pun semakin meningkat. Alif pun mulai merekrut pegawai yang tadinya hanya seorang diri, kini Ia telah memiliki 24 pegawai termasuk para mekaniknya.
“Saya memulai usaha ini sejak 15 tahun yang lalu. Dari Bengkel kecil menjadi toko grosiran seperti sekarang,” katanya kepada awak Berita Bengkel. Alif mengatakan toko grosir Surya Jaya Motor menyediakan segala kebutuhan dan perlengkapan sepeda motor. “Macam-macam kebutuhan pelanggan, ada yang beli rantai, oli, ban. Pokoknya, harus lengkap,” ujarnya.
Pria penggila modifikasi sepeda motor itu lebih memilih membuka usaha toko grosir sepeda motor karena mayoritas warga Bojonegoro menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasinya. “Mungkin, karena murah sepeda motor banyak digunakan orang. Pasti, ada setiap hari orang yang datang ke toko, entah membeli atau mau servis,” katanya. Alif pun memberikan beberapa tips kesuksesan di balik usahanya. “Jalanin saja seperti air mengalir, tekunlah ketika membuka usaha dan jujur apa adanya agar mendapatkan kepercayaan dari pelanggan,” katanya.
Perang harga produk pun terjadi tidak hanya di Jakarta tetapi juga di Bojonegoro. Alif mengatakan Surya Jaya Motor selalu menghadirkan produk-produk berkualitas dan terjangkau. Karena itu, banyak toko-toko ritel kecil yang belanja di Surya Jaya Motor.
“Saya harus melihat pelanggan, seberapa kuat daya belinya. Jika mayoritas pelanggan adalah petani dan pedagang kelontong, jangan menjual barang-barang yang mahal,” katanya. “Jual lah barang yang sesuai dengan kemampuan pelanggan. Jadi perputaran uangnya lebih cepat,” ujarnya. “TOP 1 yang laris adalah TOP 1 MC dan TOP 1 Action Plus. Selalu dicari,” ujarnya.

---

Bengkel Surya Jaya Motor
Jl. Gajah Mada No.154
Bojonegoro, Jawa Timur - 62115