Selasa , 20 September 2016

Rajawali Motor: Pernah Masuk TV


Bengkel sepada motor Rajawali Motor yang terletak di Jl. Rajawali 122-124 Banjar Rejo, Bojonegoro. Handoyo mengatakan pasar sepeda motor memang besar di Bojonegoro. “Saya fokus jualan suku cadang sepeda motor untuk semua merek. Pelanggan minta, kami beri,” kata Pendiri dan Pemiliki Rajawali Motor. Awalnya Handoyo merintis usaha tembakau. Namun karena usahanya kurang sukses, Handoyo kemudian banting stir mengembangkan bisnis suku cadang sepeda motor. Dalam bisnis suku cadang sepeda motor, Rajawali Motor menghadirkan suku cadang yang lengkap dan berkualitas untuk semua varian sepeda motor. “Jika kami tidak punya stoknya, pelanggan bisa memesan dari kami dan kami berikan secepat mungkin,” katanya.

Saat ini Rajawali Motor dikunjungi sebanyak ratusan orang setiap harinya dengan jumlah pegawai sebanyak 8 orang termasuk mekanik. Biasanya, para pelanggan mengganti oli, ganti aki dan busi serta servis bulanan. “Paling banyak sih, ganti oli,” ucapnya.

Handoyo menceritakan tantangan jualan suku cadang lebih susah ketika bengkel miliknya itu belum lama buka di tahun 1990-an karena jumlah sepeda motor belum banyak. Berbeda dengan sekarang, pabrikan sepeda motor menawarkan banyak varian, tipe dan jenis sepeda motor. Belum lagi, bisnis aksesoris untuk modifikasi. “Kalau ingin berjualan suku cadang lebih enak sekarang karena variasi sepeda motornya sudah banyak,” ujar Handoyo.

Tips membuka usaha bengkel Rajawali Motor ala Handoyo adalah keuletan, pantang menyerah, kerja keras dan fleksibel selalu melihat kebutuhan pelanggan. Salah satu oli TOP 1 yang paling laris di Rajawali Motor adalah Oli TOP 1 MC dan TOP 1 Action Matic. “Saya pernah menjual dua ribu kardus TOP 1,” ujarnya.

---

Rajawali Motor
Jl. Rajawali No. 122-124
Bojonegoro, Jawa Timur - 62117